Al-Jabbar Artinya (Yang Maha Kuasa) Asmaul Husna

Al-Jabbar Artinya adalah? Al-mu'min merupakan salah satu nama yang terdapat di asmaul husna. Asmaul husna adalah nama-nama yang dimiliki Allah Swt. yang artinya baik lagi indah. Secara harfiah, asmaul husna merupakan nama-nama Allah Swt. yang baik sesuai dengan sifatnya.

Asmaul Husna jumlahnya tedapat 99, dimana setiap nama memiliki arti dan makna yang sangat bagus dan indah. Salah satu sifat Allah Swt. yang terdapat dalam asmaul husna adalah Al-Jabbar. Lalu apa arti dari Al-Jabbar ini dalam Asmaul Hunsa. Berikut informasinya.

Al-Jabar Tulisan Arab dan Artinya

Al-Jabbar (Arab: الْجَبَّارُ) dalam Asmaul Husna artinya adalah Yang Maha Kuasa atau Yang Maha Memaksa. Memaksa disini dalam artian memaksa hamba-Nya untuk tunduk menjalankan perintah dan larangan-Nya. Selain itu, makna Al-Jabbar adalah Allah Swt. memiliki kuasa untuk memperbaiki kelemahan hambaNya yaitu ketika hambaNya mengalami kesusahan, maka Allah menghilangkan kesusahannya dengan memberikan pahala yang besar.


Al-Jabbar merupakan nama yang menunjukkan bahwa Allah memiliki sifat Yang Maha Kuasa. Al-Jabar mengandung makna bahwa kekuasaan Allah tidak tertandingi dan tidak ada yang bisa menandingi. Semua makhluk-Nya tidak terkecuali manusia mau tidak mau pasti tunduk di bawah kekuasaan Allah Swt.
Baca juga: Al-Aziz Artinya (Yang Maha Perkasa) Asmaul Husna

Makna Al-Jabbar

Al-Jabbar yang artinya Yang Maha Kuasa memiliki 3 makna, yaitu yaitu Kuasa Kekuatan, Kuasa Kasih Sayang, dan Kuasa Ketinggian.
  1. Kuasa Kekuatan, yaitu Allah Maha Kuasa atas segala penguasa. Jadi, Allah Swt. mampu mengalahkan mereka semua dengan kekuasaan dan kekuatan-Nya.
  2. Kuasa Kasih Sayang, yaitu Allah Swt. menyayangi orang yang lemah, memperbaiki keadaannya dengan cara memberi mereka kekayaan dan kekuatan.
  3. Kuasa Ketinggian, yaitu Allah Swt. Maha Tinggi diatas seluruh ciptaan-Nya, dan tidak ada makhluk yang bisa mencapai-Nya.

Dan begitulah kekuasaan Allah "Al-Jabbar". Dzat Yang Maha Kuasa lagi Maha Memaksa hambanya untuk tunduk pada aturan-aturanNya. Dengan mengimani asmaul husna Al-Jabbar ini akan membuat kita tunduk dan pasrah pada kekuasaan Allah Swt.

Dalil Mengenai Al-Jabbar

Al-Jabbar terdapat dalam firman Allah Swt. Surat Al-Hasyr Ayat 23 berikut.

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Artinya: Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

Berdasarkan Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyad, Al-Jabar artinya Yang Maha Kuasa memiliki makna bahwa kekuatan-Nya tidak mampu dihadapi. Nah, itulah arti A-Jabbar dalam asmaul husna dan artinya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Al-Jabbar Artinya (Yang Maha Kuasa) Asmaul Husna"

Post a Comment