Al-Khaliq artinya (Yang Maha Pencipta) Asmaul Husna

Al-Khaliq artinya? Asmaul Husna adalah nama-nama atau sifat lain Allah Swt. yang baik dan indah. Asmaul huna terdiri dari 2 kata, yaitu Asma yang artinya nama (penyebutan) dan husna yang artinya baik atau indah, Nama-nama tersebut berjumlah 99 nama yang berasal dari Al-Qur'an dalam berbagai surat.

Asmaul Husna merupakan nama-nama Indah milik Allah Swt yang mewakili masing-masing sifat-Nya yang maha sempurna. Salah satu nama Allah Swt. dalam asmaul husna adalah Al-Khaliq yang menjadi nama ke-11 dalam urutan nama-nama Asmaul Husna. Berikut arti Al-Khaliq dan dalilnya.

Al-Khaliq Tulisan Arab dan Artinya

Al-Khaliq (Arab: الْخَالِقُ) dalam asmaul husna artinya adalah Yang Maha Pencipta. Kata Al-Khaliq berasal dari kata "Khalaqa" yang artinya mengukur atau memperluas. Kemudian makna ini berkembang menjadi "menciptakan dari tiada, menciptakan tanpa ada satu contoh terlebih dahulu, mengatur, membuat dan sebagainya".


Al-Khaliq berkenaan dengan sifat Allah Swt. yang menciptakan semua yang ada di semesta ini, baik itu yang ada di bumi maupun di langit. Dia-lah Allah Yang Maha Menciptakan, Yang membentuk Rupa, Yang Mengadakan, Yang mempunyai Nama-Nama Paling Baik. Dia Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Al-Khaliq artinya Allah Swt. lah yang menciptakan segala sesuatu yang ada di alam semesta ini, mulai dari bumi, langit, manusia, jin, malaikat, dunia, akhirat, dan lain sebagainya. Allah Swt. menciptakan segala sesuatu di alam semesta ini memiliki ukuran yang tepat, rapi, kuat, dan teliti.

Selain itu, Allah Swt. Maha berpengetahuan luas tentang bahan-bahan ciptaa-Nya dan Maha Mengetahui sehala sesuatu yang diciptakan-Nya. Oleh karena itu Allah Swt. disebut sebagai "Ahsanul Khaliqin" yang artinya sebaik-baik Pencipta.

Dalil Mengenai Al-Khaliq

Al-Khaliq artinya Yang Maha Pencipta. Allah Swt. adalah Dzat yang menciptakan bumi, langit dan seisi semesta ini sesuai dalam firman Allah pada Surat Surat As-Sajdah Ayat 4 berikut.

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَا بَيْنَهُمَا فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ ۖ مَا لَكُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَلِيٍّ وَلَا شَفِيعٍ ۚ أَفَلَا تَتَذَكَّرُونَ

Artinya: Allah lah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy. Tidak ada bagi kamu selain dari pada-Nya seorang penolongpun dan tidak (pula) seorang pemberi syafa'at. Maka apakah kamu tidak memperhatikan?

Pada surat tersebut disebutkan bahwa Allah Swt. lah yang menciptakan apa-apa yang ada di bumi dan langit beserta apa-apa yang ada di antara keduanta. Kemudian Allah bersemayam di sebuah tempat yang dinamakan dengan ‘Arsy.

Allah Swt. adalah Sang Khaliq atau Sang Pencipta, jadi tidak ada satu pun yang ada dibumi ini yang tidak ia ketahui. Oleh karena itu Allah Swt. adalah sebaik-baiknya pencipta dan Ia Maha Tahu apa yang terbaik untuk ciptaan-Nya.

Referensi:
https://tafsirweb.com/7556-surat-as-sajdah-ayat-4.html

Share this :

0 Response to "Al-Khaliq artinya (Yang Maha Pencipta) Asmaul Husna"

Post a Comment