Al-Malik Artinya (Yang Maha Merajai) Asmaul Husna

Al-Malik Artinya? Istilah Asmaul Husna secara harfuah memiliki arti nama-nama Allah yang baik dan indah sesuai dengan sifatnya. Nama-nama Allah yang ada di dalam Asmaul Husna jumlahnya terdapat 99 nama yang berasal dari berbagai surat dan Ayat di dalam Al-Qur'an.

Salah satu ayat di dalam Al-Qur'an yang menyatakan bahwa Allah Swt. mempunyai 99 nama di dalam Asmaul Husna terdapat dalam Surat Thaha Ayat 8 berikut:

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ لَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ

Artinya: Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang baik),

99 nama Allah yang terdapat di dalam Asmaul Husna memiliki arti atau makna yang baik lagi indah. Diantaranya antaranya Al-Khabir Yang Maha Mengetahui, Al-'Adl Yang Maha Adil, Al-Matin Yang Maha Kukuh, dan yang akan kita bahasa kali ini yaitu Al-Malik yang artinya bisa dilihat di bawah ini.

Al-Malik Artinya Yang Maha Merajai

Al-Malik (الْمَلِكُ) adalah Dzat Allah Yang Maha Merajai/Menguasai/Memerintah seluruh alam. Jadi, yang bisa memerintah seluruh alam ini hanyalah Allah Swt., baik di atas (langit), yang di bawah (bumi), semuanya adalah hamba dan sangat berhajat kepada-Nya.


Seluruh kekuasaan tunduk dan ada di bawah kendali Allah Swt. yang merupakah satu-satunya Al-Malik Yang Maha Memerintah, Merajai, dan Memerintah seluruh alam. Bukti bahwa Allah Swt. memiliki sifat Al-Malik terdapat dalam firman Allah pada Surat Al-Mu’minun Ayat 116 berikut.

فَتَعَالَى اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ

Artinya: Maka Maha Tinggi Allah, Raja Yang Sebenarnya; tidak ada Tuhan selain Dia, Tuhan (Yang mempunyai) 'Arsy yang mulia.

Tafsir Surat Al-Mu’minun Ayat 116 Oleh Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Mahasuci Allah, Raja Yang Mengatur seluruh makhluk sekehendak-Nya, Dia lah Żat yang benar, janji-Nya benar, firman-Nya benar, tiada tuhan yang berhak disembah melainkan Dia, Tuhan pemilik Arasy yang merupakan makhluk terbesar, dan siapa yang menjadi Tuhan pemilik makhluk terbesar maka Dia lah yang berhak menjadi Tuhan dan pemilik seluruh makhluk.

Keutamaan dan Makna Al-Malik

Dalam Asmaul Husna, Al-Malik artinya Yang Maha Merajai. Makna dari Al-Malik bisa didefinisikan sebagai raja dari semua raja di alam semesta ini. Keutamaan sifat Allah Swt. Al-Malik bisa dilihat dalam Surat Al-Hasyr Ayat 23 berikut:

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Artinya: Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

Nah, itulah arti Al-Malik dan Artinya lengkap beserta dalil Al-Qur'an mengenai Al-Malik. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai salah satu nama Asmaul Husna dan smeoga bermanfaat.

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Al_Malik
https://tafsirweb.com/5250-surat-thaha-ayat-8.html
https://tafsirweb.com/6008-surat-al-muminun-ayat-116.html
https://tafsirweb.com/10821-surat-al-hasyr-ayat-23.html

Share this :

0 Response to "Al-Malik Artinya (Yang Maha Merajai) Asmaul Husna"

Post a Comment