Al-Mumit Artinya (Yang Maha Mematikan) Asmaul Hunsa

Al Mumit artinya adalah? Al-Mumit merupakan salah satu nama yang terdapat di dalam asmaul husna. Asmaul husna adalah nama-nama yang baik dan indah dari Allah Swt. yang masing-masing mengandung arti serta makna yang sempurna sesuai dengan sifat-Nya. Asmaul huna di dalamnya terdapat nama-nama yang sangat indah dan diambil langsung dari dalam kitab suci Al-Qur'an.

Jumlah nama-nama yang ada di dalam asmaul husna yang wajib di ketahui berjumlah 99, namun pendapat dari beberapa ulama mengenai jumlah keseluruhan asmaul husna masih berbeda-beda. Ada yang menyakini dan berpendapat bahwa jumlahnya ribuan, ada juga yang berpendapat hanya ratusan atau puluhan saja.

Meskipun begitu, pendapat terkuat menyatakan bahwa dari sekian banyak nama di asmaul husna, hanya 99 nama yang wajib diketahui dan diteladai. Salah satu nama di dalam asmaul husna yang akan kita bahas kali ini adalah Al-Mumit. Apa arti Al-Mumit? berikut penjelasan lengkapnya.

Al-Mumit Tulisan Arab dan Artinya

Al-Mumit "Al Mumiitu" (arab: اَلْمُمِيتُ) dalam asmaul husna artinya adalah Yang Maha Mematikan. Kata Al-Mumit berakar dari kata "maut" yang berarti mati. Dengan memperkenalkan diri-Nya sebagai Al-Mumit, Allah ingin menegaskan bahwa Dia-Lah pemegang kematian bagi seluruh makhluk-makhluk-Nya. Jika Allah Swt. sudah memutuskan kematian bagi seseorang, maka tak ada seorang pun yang mampu menahannya.


Allah Al-Mumit, artinya bahwa Allah Yang Maha Mematikan yang hidup sesuai dengan ketentuan-Nya. Dia-Lah yang Maha menciptakan, menghidupkan, dan mematikan makhluk ciptaan-Nya. Semuanya tunduk pada ketentuan-Nya, dan tidak ada satu pun makhluk yang mampu menghindar dari kematian yang sudah ditentukan oleh Allah Swt. tentukan baginya.

Allah Swt. adalah pemilik dunia beserta segala isinya termasuk makhluk-makhluk yang hidup di langit dan juga di bumi. Allah Maha Berkehendak dan Berkuasa atas semua makhluk tersebut, termasuk menghidupkan serta mematikannya sesuai dengan nama dan sifatnya "Al-Mumit".
Baca juga: Al-Matin Artinya (Yang Maha Kukuh) Asmaul Husna
Dengan demikian, Al Mumit adalah bahwa mudah bagi Allah Swt. untuk mematikan makhluk ciptaan-nya, semudah ia menciptakan dan menghidupkan makhluk-makhluk ciptaan-Nya tersebut. Allah Maha Mematikan dan tidak ada satu pun makluk yang bisa berpaling dari hal tersebut. Allah Swt. berfirman bahwa hanya kepada diri-Nya semua makhluk dikembalikan. (Surat Yunus ayat 56).

Dalil Tentang Al-Mumit

Al-Mumit artinya Allah Maha Mematikan, terdapat dalam firman Allah Surat Al-Hadid Ayat 2 berikut.

لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ يُحْيِي وَيُمِيتُ ۖ وَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: Kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi, Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Allah berfirman dalam Surat Al-Baqarah Ayat 28 berikut.

كَيْفَ تَكْفُرُونَ بِاللَّهِ وَكُنْتُمْ أَمْوَاتًا فَأَحْيَاكُمْ ۖ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ ثُمَّ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Artinya: Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan?

Referensi:
https://brainly.co.id/
https://tafsirweb.com/10698-surat-al-hadid-ayat-2.html
https://tafsirweb.com/285-surat-al-baqarah-ayat-28.html

Share this :

0 Response to "Al-Mumit Artinya (Yang Maha Mematikan) Asmaul Hunsa"

Post a Comment