As-Salam artinya (Yang Maha Sejahtera) Asmaul Husna

As-Salam artinya adalah? Asmaul husna merupakan nama-nama yang baik dan indah yang hanya dimiliki oleh Allah Swt. yang jumlahnya terdapat 99 nama. Asmaul huns mewakili sifta-sifat Allah Swt. Yang Maha Sempurna. Karena banyak hikmah dan manfaat dibalik Asmaul Husna maka banyak yang menggunakan nama-nama ini sebagai amalan dzikir.

Jumlah nama yang ada di Asmaul Husna berjumlah 99 nama, namun jumlah asmaul husna ini masih menjadi perbedaan bagi ulama. Beberapa ulama berpendapat jumlahnya ratusan sampai ribuan. Sedangkan lainnya berpendapat bahwa jumlahnya hanya pulusan saja.

Adapun pendapat yang paling banyak diikuti dari para ulama tersebut adalah berjumlah 99 asmaul husna. Nama atau sifat Allah Swt. di dalam asmaul husna memiliki makna yang sangat indah, salah satunya adalah As-Salaam. Berikut arti dari As-salam.

As-Salam Tulisan Arab dan Artinya

As-Salaam (السَّلاَمُ) artinya Yang Maha Sejahtera atau Yang Maha Pemberi Kesejahteraan, Ketenteraman, Kedamaian, dan Keselamatan. Keselamatan yang dimaksud disini adalah sesuatu yang dimiliki oleh Allah Swt. dan sangat dibutuhkan oleh segenap Makhluk-Nya, terutama yang dibutuhkan agar dapat terhindar dari azab, siksa, malapetaka dan kerugian.


Al-Salam adalah nama Allah yang ke-5 dari 99 Asmaul Husna. Allah Swt. adalah As-Salam, yang memiliki makna bahwa Dia terhindar dari segala kekurangan, dari segala aib dan kepunahan yang dialami oleh para makhluk-Nya. Dia juga yang menyelamatkan kaum mukminin dari siksaan.

As-salam memiliki arti Yang Maha Sejahtera atau Yang Maha Menyelamatkan. Kata As-Salam hanya disebutkan sejali di dalam al-Qur'an, yaitu dalam firman Allah pada surat Surat Al-Hasyr Ayat 23 berikut:

هُوَ اللَّهُ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْمَلِكُ الْقُدُّوسُ السَّلَامُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَانَ اللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Artinya: Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

Dengan demikian, As-Salam adalah sumber kesejahteraan hidup. Allah Swt. telah menebarkan benih-benih kesejahteraan bagi semua makhluk-Nya. Allah Swt. telah memberi jalan keselamatan dan memberikan naluri untuk menempuh jalan keselamatan.

Baca juga: Al-Aziz Artinya (Yang Maha Perkasa) Asmaul Husna

Meneladani Asmaul Husna As-Salam

Kita harus mempercayai dengan sepenuh hati bahwa hanya Allah Swt. yang memiliki sifat As-Salam yaitu Yang Maha Sejahtera atau Maha Memberi Keselamatan. Berikut adalah beberapa cara kita dalam meneladaninya.

1. Membantu Orang dengan Ikhlas

Membantu orang lain dengan ikhlas artinya memberikan bantuan kepada orang lain tanpa pamrih atau tanpa meminta imbalan apapun. Membantu orang lain bisa dilakukan dengan banyak cara dan bermacam-macam, untuk lebih mudahnya bisa memulainya dari hal yang kecil atau sepele terlebih dahulu. Contohnya seperti membeli dagangan di pedagang kecil (terutama yang sudah tua), mengajarkan sedikit ilmu kepada orang lain dan sebagainya.

2. Tidak Mencela atau Menghina Orang Lain

Tidak menghila atau mencela orang lain sudah terdapat dalam firman Allah dalam Surat Al-Hujuraat ayat 49 yang artinya "Dan janganlah kamu saling memanggil dengan gelar (yang buruk)". Dalam surat tersebut, kita tidak boleh saling memanggil orang lain dengan celaan atau julukan yang buruk yang dapat menyakiti perasaan orang lain.

3. Menebarkan Salam dan Senyum

Dalam sebuah hadits yang pernah diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yaitu "Islam yang baik adalah yang memberi makan, mengucapkan salam kepada orang yang dikenal maupun tidak dikenal" Dalam hadits tersebut kita disunnahkan untuk memberi salam dan wajib menjawab salam, seperti saat masuk rumah berpapasan dengan teman. Selain itu selalu tersenyum kepada orang lain juga merupakan sedekah dan membuat ornag lain ikut bahagia.

Nah, itulah arti As-Salam dalam Asmaul Husna, yaitu Yang Maha Memberi Kesejahteraan dan Keselamatan. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai arti dari nama di Asmaul Husna dan semoga bermanfaat.

Referensi:
https://tafsirweb.com/10821-surat-al-hasyr-ayat-23.html

Share this :

0 Response to "As-Salam artinya (Yang Maha Sejahtera) Asmaul Husna"

Post a Comment