Al-Qadir Artinya (Yang Maha Kuasa) Asmaul Husna

Al-Qadir Artinya? Al-Qadir adalah salah satu nama-nama milik Allah Swt. yang terdapat dalam Asmaul Husna. Asmaul husna merupakan nama-nama baik dan indah milik Allah Swt. Setiap nama asmaul husna ini mewakili sifat Allah Swt. Yang Maha Sempurna. Asmaul husna bukan hanya sekedar nama, di dalamnya memiliki sejumlah keutamaan.

Asmaul husna mampu membuka gerbang pengetahuan mengenai Allah Swt. dan penciptaan-Nya. Selain itu asmaul husna juga dapat mendatangkan sejumlah kebaikan apabila dibaca sebelum berdo'a. Nama-nama milik Allah Swt. yang ada di asmaul husna diambil langsung dari ayat-ayat Al-Qur'an.

Mengenai jumlah asmaul husna masih diperselisihkan oleh beberapa ulama. Ada ulama yang menyakini bahwa jumlah asmaul husna ratusan hingga ribuan, dan ada juga yang berpendapat hanya puluhan saja. Namun, pendapat terkuat menyatakan bahwa hanya ada 99 asmaul husna yang wajib diketahui dan diteladani oleh manusia.

Nah, Al-Qadir adalah salah satu nama dari 99 nama yang ada di dalam asmaul husna Allah Swt. yang wajib diketahui dan juga diteladani oleh manusia di dalam kehidupan sehari-hari. Lalu apa arti dari Al-Qadir? berikut informasinya.

Al-Qadir Tulisan Arab dan Artinya

Al-Qadir (bahasa Arab: الْقَادِرُ) dalam asmaul husna berakar dari kata "qadara" yang berarti kuasa atau mampu. Al-Qadir artinya Yang Maha Kuasa, Yang Maha Mampu, Yang Maha Berkehendak, Yang Maha berupaya, Yang Maha Menentukan, dan lain sebagainya.


Al-Qadir memiliki banyak arti, diantaranya Yang Maha Kuasa, Maha Kuat, bagi-Nya kakuasaan. Hakikat dari kekuasaan sendiri adalah yang berkuatas atas apa yang menjadi kehendak-Nya. Kata Al-Qadir untuk menunjukkan nama Allah Swt. dalam Al-Qur'an di ulang sebanyak 7 kali.

Allah Al-Qadir, artinya Allah Mahakuasa dan mampu melakukan apa yang dikehendakinya. Tidak ada satupun di dalam semesta ini yang bisa menghalangi atau membatasi kekuasaan dan apa yang menjadi kehendak-Nya. Semua akan terjadi sesuai dengan kehendak-Nnya. Dia-lah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Dalil Tentang Al-Qadir


 أَوَلَمْ يَرَوْا أَنَّ اللَّهَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ قَادِرٌ عَلَىٰ أَنْ يَخْلُقَ مِثْلَهُمْ وَجَعَلَ لَهُمْ أَجَلًا لَا رَيْبَ فِيهِ فَأَبَى الظَّالِمُونَ إِلَّا كُفُورًا

Artinya: Dan apakah mereka tidak memperhatikan bahwasanya Allah yang menciptakan langit dan bumi adalah kuasa (pula) menciptakan yang serupa dengan mereka, dan telah menetapkan waktu yang tertentu bagi mereka yang tidak ada keraguan padanya? Maka orang-orang zalim itu tidak menghendaki kecuali kekafiran. (Q.S. Al-Isra: 99)

Meneladai Al-Qadir

Seorang hamba yang meneladani nama Al-Qadir, akan senantiasa melihat dan menghadirkan kekuasaan Allah Swt. yang mutlak atas segala sesuatu. Daia akan selalu menyakini ketentuan Allah yang terjadi pada setiap makhluk ciptaan-Nya, sehingga imannya menjadi semakin kuat dan tidak mencari pertolongan dan bantuan kecuali hanya kepada ALlah Swt.

Baca juga: Al-Azim artinya (Yang Maha Agung) Asmaul Husna

Kkarena selain Allah adalah lemah, terbatas, dan tidak mampu secara mutlak. Seorang hamba yang meneladani Al-Qadir juga akan menyadari keterbatasan-keterbatasan yang dimilikinya, sehingga ia tidak akan pernah berperilaku sombong dan berbuat zalim dalam setiap kebijakan yang dia ambil, dengan kekuasaan yang Allah berikan kepada-Nya.

Referensi dalil:
https://tafsirweb.com/4703-surat-al-isra-ayat-99.html

Share this :

0 Response to "Al-Qadir Artinya (Yang Maha Kuasa) Asmaul Husna"

Post a Comment