Tugas dan Wewenang Mahkamah Agung (MA)

Tugas dan Wewenang Mahkamah Agung (MA) - Dalam melaksanakan sistem peradilan di Indonesia dibutuhkan alat kelengkapan peradilan Indonesia meliputi polisi, jaksa, dan hakim. Polisi sebagai salah satu lembaga yang menjalankan fungsi peradilan yaitu sebagai pemelihara kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat), penegak hukum, pelindung, serta pelayan masyarakat.

Tugas pokok polisi adalah melakukan penyelidikan dan penyidikan. Jaksa sebagai pejabat fungsional yang diberi wewenang oleh undang-undang untuk bertindak sebagai jasa penuntut umum dan pelaksana putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum serta wewenang lain berdasarkan undang-undang.

Adapun tugas hakim sebagai pejabat negara yang menjalankan kekuasaan kehakiman yang diatur dalam undang-undang. Tugasnya adalah menegakkan hukum dan keadilan berdasarkan Pancasila. Sistem peradilan di Indonesia dilaksanakan oleh lembaga-lembaga peradilan yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Mahkamah Agung (MA).

Mahkamah Agung (MA)


Mahkamah Agung adalah pengadilan negara tertinggi dari semua lingkungan peradilan, yang dalam melaksanakan tugasnya terlepas dari pengaruh pemerintah dan pengaruh-pengaruh yang lain (independen)

Susunan Makhamah Agung (MA) terdiri dari Pimpinan, Hakim Anggota, dan Sekretaris MA. Pimpinan MA terdiri dari seorang Ketua, dua Wakil Ketua, dan beberapa orang Ketua Muda, yang kesemuanya paling banyak 60 orang. Adapun, beberapa direktur jendral dan kepalabadan. Hal mengenai MA telah diatur dalam UU No. 5 Tahun 2004.

Tugas dan Wewenang MA (Mahkamah Agung)

Tugas dan wewenang MA dalam lingkungan, yaitu sebagai berikut.
  1. Memeriksa dan memutus permohonan kasasi.
  2. Memeriksa dan memutus sengketa kewenangan mengadili.
  3. Memeriksa dan memutus permohonan peninjauan kembali putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
  4. Memeriksa dan memutus permohonan peninjauan kembali pada pertama dan terakhir atas putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
  5. MA melakukan pengawasan tertinggi terhadap penyelenggaraan peradilan di semua lingkungan peradilan dalam menjalankan kekuasaan kehakiman.

Nah, itulah 5 tugas dan wewenang dari Mahkamah Agung (MA). Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai jawaban tugas dan wewenang MA dalam materi Pendidikan Kewarganegaraan, sekian dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Tugas dan Wewenang Mahkamah Agung (MA)"

Post a Comment