Nama Malaikat yang Wajib diketahui dan Tugasnya

Nama malaikat beserta tugasnya - Jumlah malaikat banyak sekali. Tidak ada seorang pun yang megetahui jumlah malaikat, hanya Allah Swt. yang mengetahuinya. Namun ada sepuluh ama malaikat yang wajib diketahui dan diimani oleh setiap muslim beserta tugas-tugasnya yang diabadikan dalam Al-Qur'an dan hadis Rasulullah saw., yaitu sebagai berikut.

Jumlah Malaikat Beserta Tugasnya

1. Malaikat Jibril, bertugas menyampaikan wahyu dari Allah Swt. kepada para nabi dan rasul. Malaikat Jibril memiliki nama lain Ruhulkudus dan Ruhulamin. Perhatikan firman Allah Swt. berikut!

قُلْ مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِجِبْرِيلَ فَإِنَّهُ نَزَّلَهُ عَلَىٰ قَلْبِكَ بِإِذْنِ اللَّهِ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ وَهُدًى وَبُشْرَىٰ لِلْمُؤْمِنِينَ

Artinya: Katakanlah: "Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman. (Q.S. Al-Baqarah, 2: 97)

2. Malaikat Mikail, bertugas menurunkan hujan, menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, dan membagi rezeki atau karunia atas izin Allah Swt. Nama Malaikat Mikail dinyatakan dalam Al-Qur'an. Perhatikan firman Allah Swt. berikut!

مَنْ كَانَ عَدُوًّا لِلَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَرُسُلِهِ وَجِبْرِيلَ وَمِيكَالَ فَإِنَّ اللَّهَ عَدُوٌّ لِلْكَافِرِينَ

Artinya: Barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir. (Q.S. Al-Baqarah, 2: 98).

3. Malaikat Izrail (Malaikatulmaut), bertugas mencabut nyawa manusia dan makhluk hidup lainya. Perhatikan firman Allah Swt. berikut.

قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَىٰ رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ

Artinya: Katakanlah: "Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan". (Q.S. As-Sajdah, 32: 11)

4. Malaikat Israfil, bertugas meniup sangkakala (trompet) di hari kiamat dan hari kebangkitan setelah mati kelak.

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَإِذَا هُمْ مِنَ الْأَجْدَاثِ إِلَىٰ رَبِّهِمْ يَنْسِلُونَ

Artinya: Dan ditiuplah sangkalala, maka tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka. (Q.S. Yasin, 36: 51)

5. Malaikat Munkar dan Nakir, keduanya bertugas memberi pertanyaan kepada manusia yang telah mati di alam barzakh tentang siapa Tuhannya, apa agamanya, siapa nabinya, dan siapa imamnya (pedoman Al-Qur'an dan sunah nabi). Bagi orang Islam yang di dunianya taat dan patuh terhadap ajaran Islam, ia akan menjawab pertanyaan kubur dari malaikat dengan jawaban yang tepat.

Baca juga: Pengertian Iman Kepada Malaikat, Hukum, dan Dalil

6. Malaikat Rakib dan Atid, bertugas mencatat amal perbuatan manusia di dunia. Malaikat Rakib mencatat amal kebaikan manusia, sedangkan Malaikat Atid mencatat amal keburukan manusia. Perhatikan firman Allah Swt. berikut!

إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ (١٧) مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ (١٨

Artinya: (Ingatlah) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir. (Q.S. Qaf, 50: 17-18)

7. Malaikat Malik, bertugas menjaga neraka dan memimpin malaikat penyiksa penghuni neraka. Dalam surah Al-Muddassir dijelaskan bahwa mereka berjumah sembilan belas malaikat untuk menyiksa orang yang kafir. Perhatikan firman Allah Swt. berikut.

وَنَادَوْا يَا مَالِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَ ۖ قَالَ إِنَّكُمْ مَاكِثُونَ

Artinya: Mereka berseru: "Hai Malik biarlah Tuhanmu membunuh kami saja". Dia menjawab: "Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)". (Q.S. Az-Zukhruf, 43: 77)

8. Malaikat Ridwan, mendapatkan tugas menjaga surga dan memimpin para malaikat pelayan surga yang penuh damai, ketentraman, dan kenikmatan. Perhatikan firman Allah Swt. berikut! (Q.S. Az-Zumar, 39: 73).

وَسِيقَ الَّذِينَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَاءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ

Artinya: Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya".

Itulah jumlah malaikat dalam agama Islam yang wajib diketahui beserta tugas dan dalil-nya yang ada dalam Al-Qur'an. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai malaikat Allah Swt. dan semoga bermanfaat.

Referensi dalil:
https://tafsirweb.com/

Share this :

0 Response to "Nama Malaikat yang Wajib diketahui dan Tugasnya"

Post a Comment