Pengertian Iman Kepada Malaikat, Hukum, dan Dalil

Malaikat adalah makhluk Allah Swt. yang senantiasa taat dan patuh kepada Tuhannya. Keberadaanya di alam ini untuk melaksanakan perintah dan tugas-tugas Allah Swt. dalam mengurus seluruh makhluk Allah Swt. di alam semesta ini.

Pendekatan ini tidak menunjukkan bahwa Allah Swt. membutuhkan atau bergantung kepada malaikat karena Allah Maha Berdiri Sendiri, tidak membutuhkan apa-apa di luar zat-Nya/ Keberadaan Allah Swt. merupakan ujian bagi manusia untuk mengimani hal-hal yang gaib.

Hal itu merupakan rukun iman ke-2. Iman kepada malaikat merupakan suatu kebaikan dan tanda bahwa beriman dan bertakwa kepada Allah Swt. serta hikmah beriman kepada malaikat.

Pengertian Iman Kepada Malaikat

Secara etimologi, malaikah atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan malaikat adalah bentuk jamak dari malak, berasal dari masdar al-alukah yang artinya ar-risalah (misi atau pesan). Adapun secara terminologi, malaikat adalah makluk gaib yang diciptakan Allah Swt. dari cahaya dengan wujud dan sifat-sifat tertentu dan senantiasa beribadah kepada Allah Swt.

Hukum Beriman Kepada Malaikat

Beriman kepada malaikat hukumnya fardhu ain. Kita harus beriman kepada malaikat karena merupakan salah satu perintah Allah Swt. yang digariskan dalam ajaran Islam. Hal tersebut ditegaskan Allah Swt. dalam firman-Nya dan hadis Nabi Muhammad saw.

Surat Al-Baqarah Ayat 285


آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

Artinya: Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat". (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali". (Q.S. Al-Baqarah, 2: 285)

Surat An-Nisa Ayat 136


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya. (Q.S. An-Nisa, 4: 136)

Hadis yang Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim



Artinya: Diriwayatkan dari Abu Huraira ra. bahwa pada suatu hari Rasulullah saw. muncul di tengah orang banyak, lalu beliau didatangi oleh seorang laki-laki. Orang itu bertanya, "Wahai Rasulullah saw., apakah iman itu?" Beliau menjawab, "Iman adalah kamu harus percaya kepada Allah Swt., malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, pertemuan dengan-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kebangkitan di akhirat nanti". (H.R. Al-Bukhari dan Muslim)
Baca juga: Hikmah beriman kepada Malaikat

Dalil tentang Penciptaan Malaikat

Malaikat adalah makhluk Allah Swt. yang diciptakan dari nur atau cahaya, memiliki sayap ada yang dua, tiga, dan empat.

Perhatikan dalil dari Al-Qur'an dan hadis berikut!

الْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ جَاعِلِ الْمَلَائِكَةِ رُسُلًا أُولِي أَجْنِحَةٍ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۚ يَزِيدُ فِي الْخَلْقِ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Terjemah Arti: Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Q.S. Fatir, 35: 1)

Hadis Rasulullah saw. Yang diriwayatkan oleh Musli


عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم خُلِقَتِ المَلٰئِكَةُ مِنْ نُوْرِ وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجِ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ اٰدَمَ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ

Artinya: Dari aisyah berkata: Rasulullah saw. bersabda, "Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api yang menyala-nyala, dan Adam diciptakan dari sesuatu yang telah disebutkan (ciri-cirinya) untuk kalian." (H.R. Muslim).

Referensi:
https://tafsirweb.com/1051-surat-al-baqarah-ayat-285.html
https://tafsirweb.com/1668-surat-an-nisa-ayat-136.html
https://tafsirweb.com/7867-surat-fatir-ayat-1.html

Share this :

0 Response to "Pengertian Iman Kepada Malaikat, Hukum, dan Dalil"

Post a Comment