7 Hikmah Zakat Beserta Penjelasannya (Lengkap)

Zakat adalah sejumlah harta yang sahib dikeluarkan oleh seorang muslim atau pemeluk agama Islam untuk diberikan kepada golongan yang berhak menerimannya, seperti fakir miskin dan semacamnya, sesuai dengan ketetapan syariah. Selain memiliki jenis dan hukum, zakat juga memiliki hikmah.

Hikmah Zakat Fitrah dan Penjelasannya


Zakat adalah ibadah yang memiliki dimensi ganda, transendental, dan horizontal. Oleh sebab itu, zakat memiliki banyak arti dalam kehidupan umat manusia, terutama Islam. Zakat memiliki banyak hikmah, baik yang berkaitan dengan Sang Khalik maupun hubungan sosial kemasyarakatan di antara manusia, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Menolong, membina dan membangun kaum duafa yang lemah dengan materi sekadar untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya. Dengan kondisi tersebut mereka akan mampu melaksanakan kewajibannya terhadap Allah Swt.

2. Memberantas penyakit iri hati, rasa benci, dan dengki dari diri orang-orang di sekitarnya yang berkehidupan cukup apalagi mewah, sedangkan ia sendiri tidak memiliki apa-apa dan tidak ada uluran tangan dari mereka (orang kaya) kepadanya.

3. Dapat menyucikan diri (pribadi) dari dosa, memurnikan jiwa (menumbuhkan akhlak mulia menjadi murah hati, peka terhadap rasa kemanusiaa), serta mengikis sifat bakhil (kikir) dan serakah). Dengan begitu, suasana ketenangan batin karena terbebas dari tuntutan Allah Swt. dan kewajiban kemasyarakatan akan selalu melingkupi hati.

4. Dapat menunjang terwujudnya sistem kemasyarakatan Islam yang terdiri atas prinsip-prinsip yaitu ummatan wahidan (umat yang satu), musawah (persamaan derajat dan kewajiban), ukhuwah islamiah (persaudaraan Islam), dan takaful ijti'ma (tanggung jawab bersama).

5. Menjadi unsur penting dalam mewujudkan keseimbangan dalam distribusi harta (social distribution) dan keseimbangan tanggung jawab individu dalam masyarakat.

6. Zakat adalah ibadah maliyah yang mempunyai dimensi dan fungsi sosial ekonomi atau pemerataan karunia Allah Swt. dan merupakan perwujudan solidaritas sosial, pernyataan rasa kemanusiaan dan keadilan, pembuktian persaudaraan Islam, pengikat persatuan umat dan bangsa, sebagai pengikat batin antara golongan yang kaya dan miskin, serta sebagai penimbun jurang yang menjadi pemisah antara golongan yang kuat dan yang lemah.

7. Mewujudkan tatanan masyarakat yang sejahtera antara hubungan seseorang dan yang lainnya menjadi rukun, damai, dan harmonis yang akhirnya dapat menciptakan situasi yang tentram dan aman lahir batin.

Itulah beberapa hikmah dari mengeluarkan zakat untuk kaum dhuafa beserta penjelasannya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai hikmah zakat dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "7 Hikmah Zakat Beserta Penjelasannya (Lengkap)"

Post a Comment