7 Keutamaan Orang yang Menuntut Ilmu

Keutamaan Menuntut Ilmu // Islam diturunkan sebagai rahmatan II 'alamin. Untuk itu, diutuslah Rasulullah saw. untuk memperbaiki manusia melalui pendidikan. Pendidikanlah yang mengantarkan manusia pada derajat yang tinggi, yaitu orang-orang yang berilmu. Ilmu yang dipandu dengan keimanan inilah yang mampu melanjutkan warisan berharga berupa ketakwaan kepada Allah Swt.

Dengan pendidikan yang baik, tentu akhlak manusia pun juga akan lebih baik. Akan tetapi, kenyataan dalam hidup ini, banyak orang yang menggunakan akal dan kepintarannya untuk maksiat. Banyak orang yang pintar dan berpendidikan justru akhlaknya lebih buruk dibanding dengan orang yang tak pernah sekolah.
Baca juga: Pengertian Menuntut Ilmu, Hukum, dan Kewajiban Menuntut Ilmu
Hal itu terjadi karena ketidakseimbangan antara ilmu dunia dan akhirat. Ilmu pengetahuan dunia rasanya kurang kalau belum dilengkapi dengan ilmu agama atau akhirat. Oleh karena itu, kisa sebagai umat Islam diwajibkan untuk menuntut ilmu, baik ilmu dunia maupun akhirat. Berikut adalah keutamaan menuntut ilmu.


Keutamaan Orang yang Menuntut Ilmu

Orang yang menuntut ilmu dan mau mengajarkannya akan mendapatkan keutamaan-keutamaan. Hal ini banyak diterangkan dalam ayat-auat Al-Qur'an ataupun hadis-hadis Nabi Muhammad saw. Adapun keutamaan-keutamaan itu antara lain sebagai berikut.

1. Diberikan Derajat yang Tinggi di Sisi Allah Swt.

...Niscaya Allah Swt. akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-Mujadalah, 58: 11)

2. Diberikan Pahala yang Besar di Hari Kiamat Nanti

Dari Anas bin Malik ra. Rasulullah saw. bersabda. "Penuntut ilmu adalah penuntut rahmat, dan penuntut ilmu adalah pilar Islam dan akan diberikan pahalanya bersama para nabi." (H.R. Ad-Dailami)

3. Merupakan Sedekah yang Paling Utama

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda. "Sedekah yang paling utama adalah jika seorang muslim mempelajari ilmu dan mengajarkannya kepada saudaranya sesama muslim." (H.R. Ibu Majah)

4. Lebih Utama daripada Seorang Ahli Ibadah

Dari Ali bin Abi Thalib ra., Rasulullah saw. bersabda, "Seorang alim yang dapat mengambil manfaat dari ilmunya, lebih baik daripada seribu orang ahli ibadah." (H.R. Ad-Dailami)

5. Lebih Utama dari Shalat Seribu Rakaat

Dari Abu Zaar, Rasulullah saw. bersabda, "Wahai Abu Zaar, kamu pergi mengajarkan ayat dari kitabullah telah baik bagimu daripada shalat (sunah) seratus rakaat, dan pergi mengajarkan satu bab ilmu pengetahuan, baik dilaksanakan maupun tidak, itu lebih baik daripada shalat seribu rakaat." (H.R. Ibu Majah)

6. Diberikan Pahala seperti Pahala Orang yang berjihad di Jalan Allah Swt. 

Rasulullah saw. bersabda, "Bepergian ketika pagi dan sore guna menuntut ilmu adalah lebih utama daripada berjihad fi sabilillah." (H.R. Ad-Dailami.

7. Dinaungi oleh Melaikat Pembawa Rahmat dan Dimudahkan Menuju Surga

Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah saw. bersabda, "Tidaklah sekumpulan orang yang berkumpul di suatu rumah dari rumah-rumah (masjid) Allah, mereka mempelajari kitab Allah Sw. dan mengkaji di antara mereka, melainkan malaikat mengelilingi dan menyelubungi mereka dengan rahmat, dan Allah menyebut mereka di antara orang-orang yang ada di sisi-Nya. Dan tidaklah seorang meniti suatu jalan untuk menuntut ilmu, melainkan Allah memudahkan jalan baginya menuju surga." (H.R. Muslim dan Ahmad)

Nah, itulah keutamaan-keutaman orang yang menuntut ilmu dan mengajarkannya dalam agama Islam, beserta hadist. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai keutamaan menuntut ilmu dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "7 Keutamaan Orang yang Menuntut Ilmu"

Post a Comment