Ringkasan Perang Hunain dan Perang Tabuk (Singkat)

Perang Hunain

Perang Hunain adalah pertempuran antara Nabi Muhammad saw. dan pengikutnya melawan kaum Badui dari suku Hawazin dan juga Tsaqif pada tahun 630 M atau 8 H, di sebuah pada salah satu jalan dari Mekkah ke Thaif.

Meskipun Mekah telah ditaklukkan, tidak semua suku Arab bersedia tunduk pada Nabi Muhammad saw. Ada dua suku yang masih melakukan perlawanan terhadap Nabi Muhammad saw., yaitu Bani Saqif di Taif dan Bani Hawazin di antara Mekah dan Taif. Kedua suku ini berkomplot melawan Nabi Muhammad saw. dengan alasan menuntut balas atas berhala-berhala mereka (yang ada di Kakbah) yang dihancurkan Nabi Muhammad saw.

Dengan kakutaan 12.000 pasukan di bawah pimpinan Nabi Muhammad saw., tentara Islam berangkat menuju Hunain. Dalam waktu singkat, Nabi Muhammad saw., dan pasukannya dapat menumpas musuh. Dengan takluknya Bani Saqif dan Bani Hawaxin, seluruh Jazirah Arab di bawah kekuasaan Nabi Muhammad saw.

Perang Tabuk

Perang Tabuk adalah ekspedisi yang dilakukan umat Islam yang dipimpinan oleh Nabi Muhammad saw. pada 630 M atau 9 H, ke Tabuk, yang sekarang terletak di wilayah Arab Saudi barat laut.

Perang Tabuk perang terakhir yang diikuti oleh Nabi Muhammad. Perang ini terjadi karena kecemburuan dan kekhawatiran Heraklius atas keberhasilan Nabi Muhammad saw. menguasai seluruh Jazirah Arab. Untuk itu, Heraklius menyusun kekuatan yang sangat besar di utara Jazirah Arab dan Syiria yang merupakan daerah taklukan Romawi. Dalam pasukan besar ini bergabung Bani Gassan dan Bani Lachmides.

Menghadapi peperangan ini, banyak sekali kaum muslimin yang mendaftar untuk turut berperang. Oleh karena itu, terhimpun pasukan yang sangat besar. Melihat besarnya jumlah tentara Islam, pasukan romawi menjadi ciut nyalinya dan kemudian menarik diri kembali ke negerinya. Nabi Muhammad saw. tidak melakukanpengejaran, tetapi berkemah di Tabuk. Dalam kesempatan ini, Nabi Muhammad saw. membuat perjanjian dengan penduduk setempat. Dengan demikian, wilayah perbatasan itu dapat dikuasasi dan dirangkul masuk dalam barisan Islam.

Share this :

0 Response to "Ringkasan Perang Hunain dan Perang Tabuk (Singkat)"

Post a Comment