Home » Agama » [TIPS] Cara Menjauhi Zina Menurut Agama Islam

[TIPS] Cara Menjauhi Zina Menurut Agama Islam

1 min read

Perbuatan zina adalah sebuah perbuatan melakukan hubungan persetubuhan antara laki-laki dan perempuan yang sudah balig tanpa ikatan pernikahan yang sah menurut Islam. Perbuatan zina dianggap sebagai puncak dari keharaman dan bila dilakukan akan mendapatkan dosa besar.

Perbuatan zina tentunya tidak terjadi begitu saja, dan pasti terdapat pemicunya. Nah, agar Anda tidak terjerumus ke dalam perbuatan zina, bisa menerapkan perilaku mulia agar terhindar dari pergaulan bebas dan zina, yaitu sebagai berikut.

1. Menjaga Pergaulan yang Sehat

Hadist yang melarang seorang wanita melakukan safar tanpa mahram, diantaranya adalah hadist Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwa dia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda”

    لَا يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ وَلَا تُسَافِرَنَّ امْرَأَةٌ إِلَّا وَمَعَهَا مَحْرَمٌ    

Artinya: “Janganlah seorang laki-laki berduaan dengan seorang wanita (yang bukan mahramnya), dan janganlah seorang wanita bepergian kecuali bersama mahramnya.” (H.R. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Menjaga Aurat

Aurat merupakan bagian tubuh yang harus dilindungi dan ditutupi agar terjaga dari pandangan lawan jenis. Aurat perempuan adalah seluruh bagian tubuh, kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Adapun aurat laki-laki adalah bagian tubuh antara pusar sampai dengan lutut.

3. Menjaga Pandangan

Pandangan laki-laki terhadap perempuan atau sebaliknya termasuk celah bagi setan (jin) melancarkan strategi untuk menggodanya. Untuk menjaga agar pandangan pertama tidak disertai tujuan lain, cepatlah kendalikan diri kita dengan cara menundukkan pandangan. Pandangan pertama yang tidak sengaja diperbolehkan, sedangkan pandangan kedua atau selanjutnya maka haram hukumnya.

Sebagaimana sabda Rasulullah saw. yang artinya: Dari Abdullah bin Buraidah dari ayahnya, bahwa Rasulullah saw. bersabda kepada Ali bin Abi Thalib, “Hai, Ali! Janganlah kau ikuti pandangan pertama dengan pandangan selanjutnya karena yang pertama dimaafkan, tetapi yang selanjutnya tidak.” (H.R. Ahmad)

4. Menjaga Kehormatan

Benteng paling akhir dari harga diri dan kehormatan manusia, baik laki-laki maupun perempuan adalah pada organ tubuh yang paling pribadi yaitu kemaluan. Untuk menjaga kehormatan hendaknya setiap orang menjaga kemaluan dari perbuatan zina.

5. Meningkatkan Aktivitas dan Rajin Berpuasa

Perhatikan sabda Rasulullah saw. berikut!

“Dari ‘Abdurrahman Ibnu Yazid dari abdullah, ia berkata: Rasulullah saw. mengatakan kepada kami, “Wahai para pemuda, barang siapa di antara kalian mampu ba’ah, maka menikahlah karena itu dapat menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan, barang siapa yang tidak mamu, hendaklah berpuasa karena itu dapat menekan hawa nafsu.” (H.R. Ahmad)

Disini yang dimaksud dengan ba’ah adalah mampu menafkahi. Bagi siapa yang sudah mampu menafkahi disarankan untuk menikah, karena dengan menikah dapat menundukkan pandangan terhadap lawan jenis, dan bagi siapa yang tidak mampu melakukannya disarankan untuk berpuasa untuk menekan hawa nafsu.

Nah, itulah tips mengenai bagaimana cara menjauhi zina dalam agama Islam yang bisa Anda terapkan. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai zina, dan semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *