Home » Seni Rupa » Kritik Tari: Pengertian, Jenis, dan Fungsi Kritik Tari

Kritik Tari: Pengertian, Jenis, dan Fungsi Kritik Tari

1 min read

Pengertian Kritik Tari

Kritik adalah salah satu bentuk apresiasi terhadap karya seni yang dilihatnya. Kritik tari juga bisa diartikan sebagai kegiatan memberikan apresiasi terhadap karya seni tari dengan cara menuliskan kembali peristiwa pertunjukan seni tari yang sudah dilakukan, atau memberikan komentar terhadap perkembangan peristiwa seni tari pada waktu itu.

Kritik tari disebabkan adanya kegiatan apresiasi karya seni tari, bukan suatu aktivitas yang hanya mencari kelemahan karya tari orang lain atau mengomentari kekurangan dan kelebihan penampilan dari orang lain. Kritik tari diberikan sebagai informasi kepada masyarakat terhadap sebuah kejadian pertunjukan atau perkembangan.

Kritik tari sangat bermanfaat sebagai bahan evaluasi guna meningkatkan kualitas karya yang dibuat maupun ditampilkan. Beberapa aspek yang dipertimbangkan seorang kritikus dalam melakukan kritik tari adalah sebagai berikut.

  1. Ide/gagasa.
  2. Tema.
  3. Teknik.
  4. Pengolahan materi.
  5. Prinsip-prinsip penyusunan.
  6. Pengorganisasian dalam mengelola kaidah-kaidah estetik.
  7. Keunikan.
  8. Gaya individu.
  9. Kreativitas dan inovasi.

Baca juga: Pengertian Kritik Musik

Selain beberapa aspek tersebut, seorang kritikus juga akan mengamati musik pengiring, penghayatan dalam menari, koreografi, properti tari yang digunakan, kostum dan tata rias, serta artistik.

Jenis-Jenis Kritik Tari

Jenis kritik tari meliputi kritik jurnalistik, kritik pedagogik, kritik ilmiah, dan kritik populer. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Kritik Jurnalistik

Kritik jurnalistik adalah kritik yang ditulis untuk dibaca oleh pembaca sutar kabar/majalah, tujuannya untuk memberi informasi tentang peristiwa dalam kesenian tari

2. Kritik Pedagogik

Kritik pedagogik adalah kritik yang diterapkan dalam proses belajar mengajar pendidikan kesenian.

3. Kritik Ilmiah

Kritik ilmiah adalah kritikan yang dilakukan dengan pengkajian nilai seni secara luas,mendalam dan sistematis baik dalam menganalisis maupun dalam kaji banding kesejarahan critical judgment.

4. Kritik Populer

Kritik populer adalah kritis yang sebagian besar ditulis oleh penulis yang tidak menuntut  keahlian kritis.

Fungsi Kritik Tari

Fungsi kritik tari adalah membentuk penonton menjadi lebih kritis. Setelah terbentuk penonton yang kritis, pada giliran berikutnya seniman tari atau para kreator tari benar-benar mendapatkan penonton-penonton yang mempunyai bekal pengatahuan yang cukup dan berpandangan yang lebih luas serta tebruka, atau dengan pengertian lain mendapatkan penonton yang terpilih. Maka dari itu, kritik mampu menciptakan masyarakat yang berkualitas dan berwawasan mendalam tentang kehadiran sebuah karya seni.

Fungsi yang lebih utama selain memberi penilaian, kritik merupakan suatu jembatan. Sebuah kritik mampu memberi penjelasan kepada masyarakat tentang adanya suatu karya yang mempunyai bobot, baik bobot artistik maupun bobot nonartistik.

Kritik sebagai penilaian, seperti banyak orang mengungkapkan dan menjelaskan, kritik sebenarnya bukan suatu usahapenghakiman. Akan tetapi sebuah kritik memberikan suatu usaha untuk memberikan penilaian. Mengingat hal tersebut bahwa masyarakat dalam menikmati karya tari mempunyai bekal yang tidak seragam. Semua bergantung pada besar kecilnya kemampuan mengamati dengan dasar pengalaman dan tingkat apresiasinya.

Demikian pula pada segi teknis, tidak sama juga penilaian teknis yang dipunyai oleh penonton untuk mampu menelaah sebuah karya tari. Mengingkat karya yang dipentaskan mempunyai ciri dan karakteristik tersendiri. Contohnya karya-karya eskperimental. Seniman tari (koreografer) dalam menciptakan sebuah karya mencoba berbagai macam teknik dan gaya. Sudah tentu yang mampu membedahnya adalah orang yang mendapatkan pendidikan atau pengalaman yang lebih, khususnya dalam hal teknik.

Dalam penyadaran masyarakat terhadap tingkat keberadaan zamannya memang tidak hanya untuk mengenal seni tari, tetapi secara umum kritik memang sangat dibutuhkan dalam berbagai sisi kehidupan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *