Pengertian Pameran, Jenis, Tujuan, Fungsi dan Manfaat Pameran

Pernahkan Anda melihat pamaeran? Sebagian besar mungkin sudah pernah, karena tidak hanya ada di tempat umum tapi juga di sekolah. Secara umum pameran merupakan sebuah event yang ditujukan untuk orang banyak, yang di dalamnya banyak menyajikan berbagai karya seni dari para seniman. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai apa itu pameran, jenis, fungsi dan manfaat pameran, bisa dilihat di bawah ini.


Pengertian Pameran

Pameran adalah kegiatan yang dilakukan para seniman, baik perorangan atau kelompok, guna menyampaikan ide gagasan terhadap masyarakat lewat media seni rupa. Merujuk pada pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa pameran merupakan media komunikasi antara seniman dan sang apresiator.

Pameran dalam pembelajaran seni budaya dapat dilaksanakan di sekolah maupun di luar sekolah. Pameran yang diselenggarakan di sekolah dapat menampilkan berbagai karya siswa, sedangkan pameran di luar sekolah (pameran umum) memamerkan karya seni para seniman atau pekerja seni.

Jenis Pameran

Jenis pameran dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

1. Pameran Homogen

Pameran homogen merupakan pameran yang hanya menampilkan satu karya seni rupa saja. Contohnya pameran patung, lukisan, dan pameran keramik.

2. Pameran Heterogen

Pameran heterogen merupakan pameran yang sekaligus menampilkan berbagai jenis karya seni rupa, misalnya pameran seni kriya, pameran lukisan, pameran keramik, dan berbagai pameran lain diselenggarakan dalam waktu bersamaan.

Apabila menilik pada jumlah seniman yang menampilkan karyanya, maka jenis pameran dibedakan menjadi pameran tunggal dan pameran kelompok. Pameran di sekolah pada umumnya tergolong dalam pameran heterogen dan pameran kelompok sebab memerkan beragaman jenis karya seni rupa dari beberapa siswa.

Tujuan Pameran

Tujuan diadakannya pameran pada dasarnya meliputi tujuan sosial dan kemanusiaam, tujuan komersial, serta tujuan yang berkaitan dengan pendidikan. Tujuan sosial dan kemanusiaan, misalnya kegiatan pameran dalam rangka menggalang dana kemanusiaan. Tujuan komersial, misalnya pameran sekaligus untuk dijual kepada para pengunjjung atau pembeli. Tujuan yang berkaitan dengan pendidikan, misalnya pameran yang diselenggarakan di sekolah atau memamerkan hasil karya siswa untuk penilaian hasil belajar siswa.

Fungsi Pameran

Adapun fungsi pameran umum adalah sebagai alat komunikasi antara pencipta seni (seniman) dan pengamat seni (apresiator), serta untuk membangkitkan apresiasi seni masyarakat. Fungsi pameran dapat pula dijelaskan sebagai berikut.

1. Fungsi Apresiasi

Apresiasi adalah kesadaran terhadap nilai-nilai seni dan budaya. Apresiasi juga dapat diartikan sebagai tindakan menilai, menghargai, memahami, dan menikmati karya seni rupa yang selanjutnya menimbulkan rangsang positif untuk berkreasi secara efektif.

2. Fungsi Edukasi

Pameran seni rupa dapat mendidik manusia akan kesadaran nilai keindahan serta nilai seni budaya, melatih kepekaan terhadap rasa, cipta, karsa, dan akhirnya menimbulkan dorongan untuk berkreasi secara efektif.

3. Fungsi Rekreasi

Pameran seni rupa bisa dijadikan sebagai sarana pemenuhan kebutuhan spiritual manusia dari aspek hiburan.

4. Fungsi Prestasi

Pameran seni rupa bisa dijadikan sebagai ajang untuk memperlihatkan prestasi yang telah dicapai oleh seseorang dari sejauh mana proses kreatif seseorang (seniman) dalam bidang seni.

Manfaat Pameran

Pameran yang diselenggarakan di sekolah memiliki manfaat antara lain sebagai berikut.
  1. Menumbuhkan dan menambah kemampuan siswa dalam mengapresiasi karya orang lain.
  2. Meningkatkan kemampuan berkarya siswa karena siswa akan bersaing secara sehat dan terarah sehingga akan mendorong siswa membuat karya terbaiknya.
  3. Menambah wawasan dan kemampuan siswa dalam melakukan penilaian (evaluasi) secara lebih objektif. Hal ini khususnya bagi guru, orang tua, dan masyarakat terhadap pencapaian siswa dalam bidang seni rupa.
Baca juga: 7 Tahap Merencanakan Pameran Seni Rupa
Jika ditindau dari organisasi penyelenggara, manfaat pameran di sekolah adalah sebagai berikut.
  1. Sebagai sarana apresiasi dan hiburan bagi para pengunjung.
  2. Melatih kerja sama karena pameran merupakan kerja kelompok yang melibatkan banyak orang.
  3. Mempertebal pengalaman sosial dengan hidup bermasyarakat.
  4. Melatih kemandirian dan bertanggung jawab serta melatih membuat suatu perencanaan kerja dan melaksanakan yang telah direncanakan.
  5. Membangkitkan motivasi jika pameran dapat diapresiasi dengan baik oleh pengunjung.

Nah, itulah pengertian mengenai pameran karya seni, beserta jenis, tujuan, fungsi, dan manfaat pameran di sekolah. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai definisi pameran dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Pengertian Pameran, Jenis, Tujuan, Fungsi dan Manfaat Pameran"

Post a Comment