Pengertian Pertunjukan Musik, Tujuan, Fungsi, Teknik, dan Jenis

Pertunjukan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pertunjukan adalah sesuatu yang dipertunjukkan dan tontonan, contohnya seperti bioskop, wayang, pertunjukan musik, dan lain sebagainya. Pertunjukan merupakan sebuah karya seni yang dinikmati atau diapresiasi dengan cara ditampilkan kepada penonton.

Pertunjukan musik orkestra

Pengertian Pertunjukan Musik

Pertunjukan musik adalah suatu upaya untuk mengungkapkan perasaan melalui komposisi keindahan suara manusia dan harmonisasi alat musik yang diciptakan oleh para pencipta lagu untuk memuaskan selera masyarakat. Pagelaran disebut juga pertunjukan, yaitu suatu kegiatan yang mendapatkan tanggapan dan penilaian.

Tujuan Pertunjukan Musik

Berdasarkan subjek pengisi dan penonton kegiatan, ada dua tujuan yang terkandung dalam kegiatan pagelaran tersebut, yaitu sebagai hiburan bagi masyarakat umum atau khalayak ramai, dan tujuan mikro yaitu sebagai sarana evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran seni musik (kesenian) di sekolah.

Adapun tujuan pertunjukan musik lainnya antara lain sebagai berikut.
  • Menghibur audience (pendengar) .
  • Meramaikan suatu wilayah.
  • Peluang bisnis bagi band yang diundangnya.
  • Membantu mengembangkan bakat musisi tersebut di dunia musik  .

Fungsi Pertunjukan Musik

Sebuah pertunjukan memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut.
  • Sebagai media pengembangan bakat.
  • Sebagai media komunikasi
  • Sebagai ekspresi diri.
  • Sebagai Media apresiasi.

Teknik Pertunjukan Musik

Teknik pertunjukan musik dapat mencakup sebagai berikut.
  1. Karya musik yang akan dimainkan.
  2. Penempatan pemain di atas panggung (blocking).
  3. Aspek psikologis para pemain selama pertunjukan.
  4. Penguasa permainan musik dan latihan.

Jenis Pertunjukan Musik

Dalam kegiatan pertunjukan atau pagelaran musik, dapat ditempilkan berbagai jenis musik, baik jenis musik tradisional maupun nontradisional.

1. Musik Tradisional

Musik tradisonal adalah jenis musik yang lahir dari budaya suatu daerah. Contoh musik daerah yaitu degung (Sunda), gambang kromong (Betawi), dan gamelan sunda (Jawa Barat).

2. Musik Nontradisional (Modern)

Musik non tradisional disebut juga dengan musik modern, yaitu jenis musik yang digarap secara modern, baik dari segi elemen musikal, peralatan musik yang digunakan, fungsi, maupun bentuk penyajiannya.

Pagelaran musik dapat disajikan dalam bentuk seperti paduan suara atau kor, ansambel musik gitar, ansambel musik tiup, ansambel musik perkusi, atau organ tunggal. Agar suasana tidak monoton dan penonton tidak merasa bosan dapat ditampilkan berbagai lagu yang dibawakan secara berselang-seling.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai pengertian pertunjukan musik, tujuan pertunjukan musik, fungsi pertunjukan musik, teknik pertunjukan musik, dan jenis pertunjukan musik. Sekian informasi yang dapat Nyontex bagikan dan semoga bermanfaat.

Share this :

0 Response to "Pengertian Pertunjukan Musik, Tujuan, Fungsi, Teknik, dan Jenis"

Post a Comment