Home » Kebudayaan » Rumah Adat di Indonesia Beserta Gambar dan Penjelasan

Rumah Adat di Indonesia Beserta Gambar dan Penjelasan

2 min read

Di kutip dari wikipedia.org, rumah tradisional atau rumah adat adalah rumah yang dibangun dengan cara yang sama dari generasi kegenerasi dan tanpa atau dikit sekali mengalami perubahan. Rumah tradisional dapat juga dikatakan sebagai rumah yang dibangun dengan memperhatikan kegunaan, serta fungsi sosial dan arti budaya dibalik corak atau gaya bangunan. Nah, berikut adalah beberapa contoh rumah adat yang ada di Indonesia beserta gambar dan penjelasan.

1. Rumah Adat Krong Bade, Nanggroe Aceh Darussalam

Img by: merahputih.com

Rumah krong bade atau juga biasa dikenal dengan nama rumoh Aceh adalah rumah adat dari provinsi terbarat di Indonesia yaitu Nanggroe Aceh Darussalam. Rumah krong bade merupakan rumah panggung dengan satu buah tangga depan yang biasa digunakan untuk berlalu-lalang. Rumah adat ini sekarang semakin langka keberadaannya karena pembuatan rumah adat ini relatif lebih mahal, selain itu perawatan rumah krong bade juga cukup membutuhkan biaya.

2. Rumah Adat Bolon, Sumatra Utara

Img by: winadyasari123.blogspot.com

Rumah bolon adalah rumah adat yang menjadi identitas suku Batak yang ada di Sumatra Utara. Ada beberapa jenis rumah bolon yang dahulu sempat menjadi gaya arsitektur hunian orang-orang Batak. Beberapa jenis rumah adat di Indonesia tersebut antara lain rumah bolon Toba, bolon Mandailing, bolon Simalungun, bolon Pakpak, bolon Karo, dan bolong Angkola. Masing-masing rumah tersebut sebetulnya memiliki ciri khasnya tersendiri. Namun, saat ini semua itu sudah sulit ditemukan.

3. Rumah Adat Gadang, Sumatra Barat

Img by: arsitag.com

Rumah gadang (godang) adalah rumah adat Minangkabau yang hingga kini masih banyak ditemui di Provinsi Sumatra Barat. Mengingat kebudayaan Melayu yang menyebar di sekitar Semenanjung Malaya tempo dulu. Rumah adat ini juga hingga kini dapat kta jumpai di beberapa wilayah di Malaysia.

4. Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar, Riau

Img by: adat-tradisional.blogspot.com

Rumah selaso jatuh kembar adalah rumah adat di Indonesia khas Provinsi Riau yang digunakan sebagai balai desa atau tempat bermusyawarah. Selaso jatuh kembar memiliki arti rumah yang memiliki dua selasar dengan lantai yang lebih rendah dari ruangan tengah.

5. Rumah Adat Panggung Kejang Lako, Jambi

Img by: adat-tradisional.blogspot.com

Rumah panggung Kejang Lako terbuat dari kayu dan terbagi menjadi delapan ruangan. Kedelapan ruangan tersebut antara lain ruangan pertama (jogan) berfungsi sebagai tempat beristirahat dan tempat untuk menyimpan air. Ruangan kedua (serambi depan) berfungsi sebagai tempat penerima tamu laki-laki. Ruang ketiga (serambi dalam) berfungsi sebagai tempat tidur anak laki-laki.

Ruangan keempat (amben melintang) berfungsi sebagai kamar pengantin. Ruang kelima (serambi belakang) berfungsi sebagai tempat tidur untuk anak perempuan yang belum menikah. Ruang ketujuh (garang) berfungsi sebagai tempat memasak makanan dan sebagai tempat menyimpan air. Ruang kedelapan adalah dapur yang digunakan untuk memasak makanan.

6. Rumah Adat Limas, Sumatra Selatan

img by: aminama.com

Rumah limas adalah rumah adat di Indonesia khas Sumatra Selatan yang memiliki lantai bertingkat dengan bentuk atap yang menyerupai limas. Kebanyakan rumah limas memiliki luas 400 sampai 1.000 m2. Bangunan didirikan di atas tiang kayu ulin yang kuat dan tahan air, sedangkan pintu, dinding, dan lantai terbuat dari kayu tembesu.

7. Rumah Adat rakit Limas, Bangka Belitung

Img by: aminama.com

Rumah adat rakit limas adalah rumah adat di Indonesia khas belitung yang secara arsitektur sebetulnya hampir mirip dengan rumah adat provinsi lain di Pulau Sumatra yang masih berkarakteristik Melayu.

8. Rumah Adat Rakyat, Bengkulu

Img by: guratgarut.com

Rumah rakyat adalah rumah adat yang digunakan sebagai tempat tinggal orang-orang Bengkulu. Rumah ini terbagi ke dalam beberapa ruangan, yaitu berendo atau beranda yang digunakan untuk menerima tamu, bilik gedang atau kamar utama, bilik gadis atau kamar anak gadis, dan sebagainya.

9. Rumah Adat Nowou Sesat, Lampung

Img by: nesabamedia.com

Rumah adat Lampung memiliki sebutan yang cukup unik, yaitu nowou sesat. Nowou sesat sendiri berasal dari bahasa Lampung, nowou yang berart rumah dan sesat yang berarti tempat ibadah. Rumah nowou sesat memilikiciri khas panggung atau atap terbuat dari ilalang yang dianyam, dinding dari kayu, dan didirikan sejajar sepanjang jalan utama yang membelah kampung.

Nah, itulah beberapa rumah adat yang ada di Indonesia beserta gambar dan penjelasannya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai rumah adat Indonesia dan semoga bermanfaat.

Kebiasaan Orang Maluku yang Khas dan Unik

Indonesia adalah sebuah negara dengan beragam suku, kebudayaan, dan adat-istiadat yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Salah satu provinsi yang cukup unik akan...
Admin Admin
1 min read

√ Properti Tari Jaipong: Sampur, Apok, dan Sinjang

Tari atau Tarian merupakan salah satu cabang dari seni. Seni sendiri merupakan sebuah karya yang dibuat dan diciptakan oleh manusia yang mengandung unsur-unsur keindahan...
Admin Admin
1 min read

Tari Merak Berasal dari Daerah Mana Sih? Berikut Jawabannya

Siapa sih yang tidak kenal dengan tarian merak! masyarakat Indonesia khusunya yang berada di Jawa Barat pastinya mengetahui mengenai tarian ini. Tari merak merupakan...
Admin Admin
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *