Home » Kewirausahaan » Jenis Tanaman Hias: Bunga, Daun, Buah, dan Akar

Jenis Tanaman Hias: Bunga, Daun, Buah, dan Akar

3 min read

Banyak sekali jenis tanaman hias. Jenis tanaman hias pada tiap-tiap negara tidak selalu sama, hal tersebut sangat dipengaruhi oleh musim dan kondisi lingkungan suatu wilayah. Pada negara dengan empat musim, jenis bunganya tentu berbeda dengan bunga di negara tropis. Indonesia sendiri sebagai negara tropis memiliki begitu banyak jenis tanaman hias. Ratusan tanaman hias bisa ditemukan di Indonesia. Jika ada tanaman yang dianggap bisa dijadikan hiasan, jenisnya akan bertambah. Berikut pengelompokkan jenis tanaman hias.

Jenis Tanaman Hias Bunga

Bunga Anggrek

Tanaman hias bunga merupakan tumbuhan yang memiliki bunga berpesona cantik dengan satu atau banyak warna. Pada umumnya tanaman hias bunga memiliki keindahan bentuk maupun warnanya. Tanaman hias bunga dapat menambah keindahan suatu ruangan atau lingkungan sekitarnya serta membuat suatu tempat terlihat lebih asri. Terdapat banyak jenis tanaman hias bunga, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek merupakan tanaman hias yang cukup populer di Indonesia. Bunga anggrek sering digunakan sebagai ungkapan rasa cinta, serta simbol kemewahan dan keindahan selama ratusan tahun. Bunga yang masuk ke dalam suku Orchidaceae ini mempunyai banyak varietas dengan keindahan yang dibawa masing-masing variasinya.

Di Indonesia, ada sekitar 5.000-6.000 jenis bunga anggrek yang sengaja dibudidayakan atau tumbuh secara liar. Kita juga bisa dengan mudah menemukan tanaman anggrek yang dijual di dalam pot pada toko-toko tanaman. Anggrek juga biasa digunakan sebagai bunga potong. Pesona dari bunga anggrek telah menjadikannya bunga nasional Singapura dan Thailand.

2. Bunga Mawar

Bunga mawar diberi julukan sebagai Ratu Bunga dikarenakan mempunyai keindahan dan keunikan yang khas. Bentuk yang indah pada kelopak bunga mawar didukung dengan aromanya yang menarik. Selain anggrek, tanaman hias bunga mawar juga diidentikkan dengan simbol perasaan cinta terhadap seseorang.

Bunga mawar memiliki warna-warna yang terang, mulai dari putih, merah, pink, dan ungu. Bunga mawar sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan tempat tumbuhnya, mulai dari hybrid ta, floribunda, polyantha, grandiflora, dan climbing rose. Mawar termasuk sebagai tanaman hias bunga yang mempunyai nilai ekonomi tinggi karena harga jual dari satu set tanaman, bunga potong, hingga bunga tabunya bisa mencapai angka jutaan rupiah.

Jenis Tanaman Hias Daun

Daun keladi res star

Tanaman hias daun memiliki keindahan pada bentuk serta warna daunnya. Indonesia memiliki banyak ragam tanaman hias jenis ini, mulai dari yang berdaun kecil hingga berdaun besar. Tanaman hias jenis ini meskipun tidak memiliki bunga yang indah tetapi bisa dihargai dengan kisaran puluhan ribu hingga ratusan juta. Harga yang cukup fantastis untuk sebuah tanaman. Beberapa contoh tanaman hias daun diantaranya anturium, Aglaonema, daun puring, palem, dan sebagainya.

Anturium merupakan salah satu jenis tanaman hias daun yang banyak dibudidayakan masyarakat. Tanaman ini memiliki keunikan bentuk daun yang beragam serta warna daun yang indah sehingga banyak digemari masyarakat. Berikut beberapa contoh tanaman hias daun.

1. Kuping Gajah

Kuping gajah dengan nama latin Anthurium crystallianum adalah tanaman hias daun yang banyak ditanam untuk menghias ruangan ataupun halaman rumah. Tanaman ini mempunyai daya tarik tersendiri yang tampak pada bentuk pola dan warna hiasan daunnya yang besar dan berbentuk seperti jantung sehingga mirip seperti kuping gajah.

2. Suplir

Selain suplir, tanaman ini juga dikenal senagai adiantum. Tanaman hias suplir atau adiantum mempunyai penampilan yang khas sehingga membuatnya mudah dibedakan dengan jenis tumbuhan paku-pakuan lain. Suplir yang termasuk ke dalam anak suku Vittariaceae, suku Pteridaceae ini banyak ditanam untuk menghiasi ruang atau taman.

3. Daun Keladi Red Star

Tanaman hias ini memiliki warna daun yang cantik. Daunnya berbentuk lebar serta warna daunnya bercampur antara hijau dan merah atau murah muda. Dua kombinasi warna inilah yang menjadikan bunga ini banyak disukai dan dicari masyarakat.

Jenis Tanaman Hias Buah

Cabai Pelangi

Tanaman buah pun ternyata bisa dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman buah juga cukup indah bila digunakan untuk menghias rumah. Selain terlihat cantik dan sedap dipandang, tanaman hias yang memiliki buah memiliki sisi positif dan ada kelebihan tersendiri untuk pemiliknya. Sang pemilik bisa memanen tanaman tersebut ketika berbuah. Tak heran bila kini ada banyak orang menggunakan tanaman hias ini untuk memperindah halamannya. Tanaman hias buah dianggap cukup efektif menjadikan rumah hunian rumah semakin terlihat asri. Berikut beberapa contoh tanaman hias buah.

1. Jeruk Nagami

Jeruk nagami atau nagami kumquat merupakan tanaman penghasil buah jeruk yang berasal dari genus Citrus dengan ciri khas pada bentuk buah yang lonjong dan berukuran kecil-kecil. Jeruk nagami tidak hanya ditanam sebagai tanaman penghias rumah saja, tetapi buahnya juga bisa dimakan secara langsung karena rajin berbuah. Uniknya lagi, jeruk nagami tidak hanya bisa dinikmati keindahan dan rasa daging buahnya, tetapi kulitnya juga yang mempunyai rasa lebih manis daripada dagingnya sendiri.

2. Cabai Pelangi

Belum banyak yang mengenal cabai pelangi. Cabai warna-warni adalah buah dari tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan (ada juga yang mengatakan dari Brasil dengan nama bolivian rainbow). Cabai warna-warni lebih sering ditanam sebagai tanaman hias ataupun dibudidayakan dengan skal besar untuk meraup keuntungan.

Jenis Tanaman Hias Batang dan Akar

Kamboja

Tanaman hias batang dan akar merupakan tanaman yang mempunyai daya tarik pada bagian batang dan akarnya, entah itu karena bentuk ataupun ukuran dari betangnya. Berikut beberapa contoh tanaman hias batang dan akar.

1. Kamboja

Tumbuhan ini berasal dari Amerika Tengah. Nama Plumeria diberikan untuk menghormati Charles Plumier (1646-1706), pakar botani asal Prancis. Walaupun berasal dari tempat jauh, kamboja sekarang merupakan pohon yang sangat populer di Pulau Bali karena ditanam hampir di setiap pura serta sudut kampung, dan memiliki fungsi penting dalam kebudayaan setempat.

Di beberapa tempat di Nusantara, kamboja ditanam di pemakaman sebagai tumbuhan peneduh dan penanda tempat. Kamboja digolongkan dalam tanaman hias akar dikarenakan keunikan yang terletak pada akarnya, bonggolnya yang unik dan indah dapat menjadikannya tanaman yang cukup mahal. Tanamann hias ini dapat dibuat bonsai.

Selain memukau, penampilan bonsai juga sangat menyatu dengan alam. Bahkan, bila Anda bisa menyatukannya dengan keindahan alam, pastilah semua orang akan terkesima melihatnya. Sayangnya, berbicara tentang harganya, harga pohon bonsai ini cukup mahal mengingat dari segi bentuknya yang unik dan pembuatannya pun cukup sulit.

2. Babu Kuning

Tanaman ini merupakan sebuah bambu bewarna kuning yang antik dan bisa Anda jadikan sebagai tanaman hias berbentuk batang yang unik dan terlihat magis. Bahkan bila Anda mengemasnya dengan baik, tanaman ini bisa terlihat lebih memukau saat sedang dinikmati.

3. Tanaman Palem

Tak hanya tanaman bambu kering saja, tanaman palem pun juga bisa dijadikan sebagai tanaman hias bila Anda bisa mengemasnya dengan baik. Bahkan, tanaman ini bisa menjadi terlihat mahal dan bergengsi bila Anda bisa mengemasnya dengan bagus. Palem memiliki baang yang indah dan penampilan yang istimewa. Tak heran bila banyak orang mulai melirik tanaman palem yang satu ini.

Salah satu jenis tanaman palem yang paling ramai peminatnya adalah tanaman palem merah. Selain terlihat memesona, batangnya juga memiliki keunikan dan keindahan tersendiri sehingga tanaman ini sekarang telah menjadi idola semua orang.

Jadi, bisa dikatakan bahwa beberapa tampilan tanaman hias tersebut sebenarnya mampu memberi gambaran kepada semua orang bahwa seni sebenarnya juga bisa diaplikasikan ke dalam sebuah benda mati dan juga benda hidup, misalnya saja seperti tanaman hias. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *