Home » Kewirausahaan » Pengertian Tanaman Hias dan Manfaatnya

Pengertian Tanaman Hias dan Manfaatnya

1 min read

Tanaman hias menjadi tanaman yang menarik minat banyak konsumen, karena selain memiliki nilai keindahan juga memiliki peran  sebagai penyaluran hobi serta kepenatan akibat bekerja. Kita mengetahui bahwa di era sekarang ini tingkat kepenatan masyarakat relatif tinggi. Dengan memelihara tanaman hias selain memperintah dan mempercantik ruangan atau rumah juga menjadi penyaluran hobi dan penghilang kepenatan.

Saat melihat tanaman tersebut tumbuh dan berbunga, memberikan kebahagiaan tersendiri yang tidak ternilai harganya. Menekuni usaha tanaman hias memiliki tingkat kesulitan tersendiri karena yang dijadikan objek usaha adalah makhluk hidup, sehingga perlu keterampilan khusus dan kesabaran serta ketelatenan untuk merawatnya.

Pengertian Tanaman Hias

Nama ilmiah dari tanaman hias adalah ornamental plant, yaitu tanaman yang dibudidayakan dengan tujuan dinikmati keindahannya. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat dipahami bahwa pengelompokkan tanaman hias tidak hanya terbatas pada bunga-bungaan saja, tetapi juga teramasuk tanaman perkebunan atau kehutanan yang memiliki nilai keindahan dari aspek bentuknya dan dibudidayakan guna tujuan menambah keindahan dan keasrian lingkungan hidup.

Baca juga: Jenis Tanaman Hias

Tanaman hias memiliki nilai ekonomis yang relatif cukup tinggi. Oleh karena itu menarik untuk dibudidayakan dan menjadi peluang bisnis yang potensial. Tujuan menanam tanaman hias tidak selalu untuk dinikmati keindahannya, tetapi juga fungsi tanaman tersebut, misalnya tanaman pengusir nyamuk yang banyak ditanam di sekitar rumah, atau tanaman pembersih udara, dan sebagainya.

Manfaat Tanaman Hias

Berdasarkan pengertian tanaman hias diatas, manfaat dari tanaman hias cukup banyak. Namun secara umum manfaat tanaman hias dibedakan ke dalam tiga bidang, yaitu sebagai berikut.

1. Manfaat Tanaman Hias di Bidang Ekonomi

  • Menghasilkan tanaman hias yang bekrualitas dan bermutu.
  • Menjadi komoditas yang perlu diperjualbelikan degan nilai jual yang cukup tinggi.
  • Membuka peluang usaha baru sehingga bisa menyediakan lapangan pekerjaan di berbagai wilayah di Indonesia.

    2. Manfaat Tanaman Hias di Bidang Lingkungan

    • Menjaga dan meningkatkan kualitas kebersihan udara.
    • Menjadikan lingkungan sekitar lebih indah, teduh, dan segar.
    • Menyerap air sehingga bisa mencegah terjadinya erosi.
    • Meningkatkan penghijauan di lingkungan hidup.
    • Menggemburkan tanah sehingga lahan menjadi subur.

       3. Manfaat Tanaman Hias di Bidang Seni

      • Memperindah lingkungan di sekitar tempat tinggal.
      • Meningkatkan kreativitas dalam merawat dan mempercantik tanaman hias.
      • Memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami tanaman hias agar terlihat lebih indah.

        Nah, itulah pengertian menenai tanaman hias beserta manfaat tanaman hias. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai tanaman hias dan semoga bermanfaat.

        Leave a Reply

        Your email address will not be published. Required fields are marked *