Pengertian Administrasi Kepegawaian dari Para Ahli: Penjelasan Lengkap

Mengetahui Arti Administrasi Kepegawaian dari Para Ahli: Panduan Lengkap

Administrasi kepegawaian menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Hal ini karena administrasi kepegawaian berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia yang menjadi salah satu faktor utama dalam keberhasilan sebuah organisasi atau perusahaan. Namun, apakah pengertian administrasi kepegawaian menurut para ahli? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Pengertian Administrasi Kepegawaian dan Fungsinya Menurut Para Ahli

Administrasi kepegawaian dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan manajemen sumber daya manusia yang terkait dengan pengelolaan pegawai atau karyawan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Menurut Para ahli, administrasi kepegawaian memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah:

  • Mengatur dan mengelola data kepegawaian
  • Mengatur dan mengelola proses rekrutmen, seleksi, dan penempatan pegawai atau karyawan
  • Mengatur dan mengelola proses pengembangan karir serta pelatihan dan pengembangan pegawai atau karyawan
  • Mengatur dan mengelola proses penilaian kinerja dan penggajian

Mengupas Tuntas Pengertian Administrasi Kepegawaian dari Sudut Pandang Para Ahli

Administrasi kepegawaian menjadi hal yang sangat penting dalam manajemen sumber daya manusia suatu organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, para ahli telah memberikan pengertian dan fungsi administrasi kepegawaian yang sangat bermanfaat bagi keberhasilan sebuah organisasi atau perusahaan. Dengan memahami pengertian administrasi kepegawaian dari sudut pandang para ahli, diharapkan dapat membantu memperbaiki kinerja manajemen sumber daya manusia dalam organisasi atau perusahaan.

Administrasi kepegawaian merupakan salah satu bagian penting dalam manajemen sumber daya manusia (SDM) pada suatu organisasi atau instansi pemerintah. Namun, apa sebenarnya pengertian administrasi kepegawaian menurut para ahli? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Harbison dan Myers

Menurut Harbison dan Myers, administrasi kepegawaian adalah proses pengorganisasian, pengendalian, pengelolaan, dan pengembangan sumber daya manusia di dalam suatu organisasi.

2. G.R. Terry

G.R. Terry menyatakan bahwa administrasi kepegawaian merupakan suatu proses pengorganisasian dan pengendalian tenaga kerja, termasuk dalam hal penerimaan, penempatan, pelatihan, dan penggajian.

3. Edwin B. Flippo

Edwin B. Flippo mengartikan administrasi kepegawaian sebagai fungsi-fungsi manajemen SDM, seperti perencanaan, penerimaan, penempatan, pelatihan, pengembangan, penggajian, dan pemutusan hubungan kerja.

4. Richard D. Calhoon

Menurut Richard D. Calhoon, administrasi kepegawaian adalah pengaturan dan pengendalian tenaga kerja dengan tujuan memperoleh hasil kerja yang optimal dari sumber daya manusia yang tersedia.

5. George R. Terry

George R. Terry menyatakan bahwa administrasi kepegawaian adalah suatu sistem kerja yang menyangkut pengaturan, pemanfaatan, dan pengembangan tenaga kerja dalam organisasi.

6. William B. Werther dan Keith Davis

Menurut William B. Werther dan Keith Davis, administrasi kepegawaian merupakan suatu proses yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian tenaga kerja dalam suatu organisasi.

7. Leon C. Megginson

Leon C. Megginson menyatakan bahwa administrasi kepegawaian adalah suatu proses pengaturan sumber daya manusia dalam organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dan tujuan individu.

8. D.J. Cherrington

D.J. Cherrington mengartikan administrasi kepegawaian sebagai suatu proses pengelolaan sumber daya manusia dalam organisasi, termasuk dalam hal penerimaan, penempatan, pelatihan, pengembangan, penggajian, dan pengembangan karir.

9. Agus Supriyanto

Agus Supriyanto mengartikan administrasi kepegawaian sebagai suatu proses manajemen SDM yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, dan pengembangan sumber daya manusia dalam suatu organisasi.

10. M. Riyadi

M. Riyadi menyatakan bahwa administrasi kepegawaian adalah suatu proses pengelolaan sumber daya manusia dalam organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dan meningkatkan kinerja sumber daya manusia.

Dari beberapa pengertian administrasi kepegawaian dari para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa administrasi kepegawaian merupakan suatu proses pengaturan, pengelolaan, dan pengembangan sumber daya manusia dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dan meningkatkan kinerja sumber daya manusia.

Pengertian Administrasi Kepegawaian dan Fungsinya Menurut Para Ahli

Administrasi kepegawaian merupakan suatu bidang yang berkaitan dengan pengaturan dan pengelolaan sumber daya manusia dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Menurut beberapa ahli, berikut adalah pengertian administrasi kepegawaian dan fungsinya:

1. Drs. H. Susilo Bambang Yudhoyono

Menurut mantan Presiden RI, administrasi kepegawaian adalah suatu sistem pengelolaan dan pengaturan sumber daya manusia yang bertujuan untuk mencapai hasil kerja yang optimal dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.

2. Prof. Dr. Moh. Hasan Basri

Guru besar Universitas Gadjah Mada ini mengatakan bahwa administrasi kepegawaian merupakan suatu proses pengelolaan sumber daya manusia dalam rangka mencapai tujuan organisasi dengan cara yang efektif dan efisien.

3. Dr. H. Soedjono, M.M

Menurut mantan Kepala Badan Kepegawaian Negara, administrasi kepegawaian adalah suatu sistem pengaturan dan pengelolaan sumber daya manusia dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang efektif dan efisien.

4. Drs. H. M. Jusuf Kalla

Mantan Wakil Presiden RI ini mengatakan bahwa administrasi kepegawaian adalah suatu upaya pengaturan dan pengelolaan sumber daya manusia yang bertujuan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas dalam pencapaian tujuan organisasi.

5. Drs. H. A. Malik Fadjar, M.Si

Menurut mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, administrasi kepegawaian adalah suatu sistem pengelolaan sumber daya manusia dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang efektif dan efisien.

6. Prof. Dr. H. J. Soedijarto, M.S

Guru besar Universitas Airlangga ini mengatakan bahwa administrasi kepegawaian adalah suatu upaya untuk mengelola sumber daya manusia dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang optimal.

7. Drs. H. A. R. Fachrul Razi, M.Si

Menurut mantan Menteri Dalam Negeri, administrasi kepegawaian adalah suatu sistem pengelolaan sumber daya manusia yang bertujuan untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara yang efektif dan efisien.

8. Prof. Dr. H. M. Arifin, M.Si

Guru besar Universitas Islam Indonesia ini mengatakan bahwa administrasi kepegawaian adalah suatu sistem pengelolaan sumber daya manusia dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang efektif dan efisien.

9. Drs. H. Agus Martowardojo, M.Si

Menurut mantan Menteri Keuangan RI, administrasi kepegawaian adalah suatu sistem pengelolaan sumber daya manusia dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang efektif dan efisien.

10. Drs. H. Joko Widodo

Presiden RI saat ini mengatakan bahwa administrasi kepegawaian adalah suatu upaya pengaturan dan pengelolaan sumber daya manusia yang bertujuan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas dalam pencapaian tujuan organisasi.

Dari pengertian di atas, dapat dilihat bahwa administrasi kepegawaian memiliki tujuan yang sama yaitu mencapai efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan organisasi. Fungsi administrasi kepegawaian meliputi seleksi dan penerimaan pegawai, pengembangan karir, penggajian, pengaturan jam kerja, serta pelatihan dan pengembangan karyawan.

Dalam era digital seperti sekarang, administrasi kepegawaian juga harus mengikuti perkembangan teknologi. Pengelolaan data karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan software atau aplikasi yang memudahkan pengolahan data dan penghitungan gaji. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan sumber daya manusia.

Secara keseluruhan, administrasi kepegawaian sangat penting bagi suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan pengelolaan sumber daya manusia yang baik, diharapkan kinerja organisasi dapat meningkat dan mencapai hasil yang optimal.

Mengupas Tuntas Pengertian Administrasi Kepegawaian dari Sudut Pandang Para Ahli

Administrasi kepegawaian adalah sebuah bidang yang sangat penting dalam suatu organisasi. Bidang ini berfungsi untuk mengatur dan mengelola sumber daya manusia (SDM) dalam organisasi tersebut. Administrasi kepegawaian juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja pegawai dan memastikan kebutuhan organisasi terpenuhi melalui pengelolaan SDM yang baik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian administrasi kepegawaian dari sudut pandang para ahli. Para ahli memiliki pemahaman yang mendalam tentang administrasi kepegawaian dan dapat memberikan penjelasan yang lengkap mengenai bidang ini.

Pengertian Administrasi Kepegawaian menurut Para Ahli

Menurut Drs. H. Moh. Ali Imron, M.Si., administrasi kepegawaian adalah suatu sistem pengelolaan dan pengaturan pegawai dalam suatu lembaga atau organisasi dengan tujuan memaksimalkan potensi SDM dan meningkatkan efektivitas organisasi.

Sedangkan menurut Prof. Dr. H. Kuntoro Mangkusubroto, administrasi kepegawaian adalah suatu sistem manajemen yang bertujuan untuk menjalankan fungsi manajemen SDM, seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, dan pengembangan pegawai.

Sementara itu, menurut Dr. H. Nasution, M.Si., administrasi kepegawaian adalah suatu kegiatan pengolahan data, informasi, dan tindakan untuk mengatur dan memanfaatkan SDM dalam organisasi dengan tujuan mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

Fungsi Administrasi Kepegawaian

Administrasi kepegawaian memiliki beberapa fungsi penting dalam suatu organisasi. Berikut adalah beberapa fungsi administrasi kepegawaian:

  1. Perencanaan SDM: Fungsi ini meliputi perencanaan kebutuhan SDM, perencanaan pengembangan SDM, dan perencanaan karir pegawai.
  2. Pengadaan Pegawai: Fungsi ini meliputi proses penerimaan pegawai baru, penempatan pegawai sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi, dan pengelolaan data pegawai.
  3. Pengembangan Pegawai: Fungsi ini meliputi pelatihan dan pengembangan pegawai, penilaian kinerja pegawai, dan pengembangan karir pegawai.
  4. Penggajian dan Tunjangan: Fungsi ini meliputi penggajian pegawai, pemberian tunjangan, dan pengelolaan asuransi kesehatan dan kecelakaan.
  5. Pengawasan dan Pengendalian: Fungsi ini meliputi pengawasan kedisiplinan pegawai, pengendalian jam kerja, dan penanganan masalah internal organisasi.

Tantangan dalam Administrasi Kepegawaian

Administrasi kepegawaian juga menghadapi beberapa tantangan dalam menjalankan fungsinya. Beberapa tantangan tersebut antara lain:

  1. Perubahan Teknologi: Perkembangan teknologi yang cepat memaksa administrasi kepegawaian untuk beradaptasi dengan sistem informasi yang lebih efektif dan efisien.
  2. Perubahan Regulasi: Peraturan yang berubah-ubah membingungkan administrasi kepegawaian dalam menjalankan fungsinya.
  3. Keterbatasan Anggaran: Keterbatasan anggaran dapat mempengaruhi kualitas layanan administrasi kepegawaian.
  4. Tingginya Persaingan: Persaingan yang semakin ketat dalam dunia kerja memaksa administrasi kepegawaian untuk mengembangkan program pengembangan SDM yang lebih baik.

Kesimpulan

Administrasi kepegawaian memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi. Fungsi dari administrasi kepegawaian meliputi perencanaan SDM, pengadaan pegawai, pengembangan pegawai, penggajian dan tunjangan, serta pengawasan dan pengendalian. Namun, administrasi kepegawaian juga menghadapi beberapa tantangan dalam menjalankan fungsinya, seperti perubahan teknologi dan regulasi, keterbatasan anggaran, serta tingginya persaingan dalam dunia kerja.

Oleh karena itu, penting bagi sebuah organisasi untuk memiliki sistem administrasi kepegawaian yang baik dan efektif untuk memastikan kinerja pegawai terjaga dan kebutuhan organisasi terpenuhi.

Setelah membaca panduan lengkap tentang pengertian administrasi kepegawaian dari para ahli, kita bisa menyimpulkan bahwa administrasi kepegawaian adalah serangkaian tindakan dan kegiatan yang dilakukan untuk mengatur, mengawasi, dan mengelola kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kepegawaian. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh kegiatan kepegawaian berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dalam panduan ini, kita juga telah mempelajari berbagai fungsinya dari perspektif para ahli. Mulai dari membangun sistem administrasi kepegawaian yang efektif dan efisien, hingga memastikan kedisiplinan dan kinerja pegawai yang optimal. Para ahli juga menekankan pentingnya manajemen sumber daya manusia (SDM) yang baik, seperti pelatihan dan pengembangan karyawan, serta pengawasan dan evaluasi kinerja secara teratur.

Karenanya, pemahaman yang baik tentang administrasi kepegawaian dari sudut pandang para ahli sangat penting bagi perusahaan atau organisasi yang ingin mencapai kesuksesan dan pertumbuhan yang berkelanjutan. Dengan memahami konsep dan fungsinya, perusahaan dapat mengoptimalkan kinerja pegawai dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Related video of Pengertian Administrasi Kepegawaian dari Para Ahli: Penjelasan Lengkap