Pengertian Publik: Definisi Menurut Para Ahli Terpercaya

Pengertian publik merupakan salah satu konsep penting dalam dunia komunikasi dan sosial. Namun, ada banyak definisi yang berbeda-beda terkait dengan pengertian publik itu sendiri. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenal lebih dekat apa itu pengertian publik dan definisi menurut para ahli terpercaya.

Pengertian publik secara umum dapat diartikan sebagai suatu kelompok atau individu yang memiliki kepentingan atau keterlibatan dalam suatu permasalahan atau isu tertentu yang sedang diperbincangkan. Kelompok atau individu ini dapat terdiri dari berbagai latar belakang, seperti masyarakat, media, pemerintah, organisasi, dan lain sebagainya.

Baca Cepat show

Mengenal Lebih Dekat Pengertian Publik: Definisi dari Ahli-Ahli Terkemuka

Para ahli komunikasi dan sosial telah memberikan berbagai definisi mengenai pengertian publik. Menurut James Grunig dan Todd Hunt, pengertian publik adalah “kelompok orang yang mempunyai kepentingan dan masalah yang sama, dan mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi organisasi atau individu yang terlibat dalam masalah tersebut”.

Sedangkan menurut David J. Elmer, pengertian publik adalah “kelompok orang yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi dalam suatu wilayah tertentu, baik secara langsung maupun tidak langsung”. Ada juga yang menyatakan bahwa pengertian publik adalah “kelompok orang yang memiliki kepentingan atau keterlibatan dalam suatu isu atau permasalahan, dan terlibat dalam proses komunikasi yang terjadi di sekitar isu tersebut”.

Pengertian Publik Menurut Para Ahli: Definisi yang Harus Anda Ketahui

Dari beberapa definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian publik merupakan kelompok atau individu yang memiliki kepentingan atau keterlibatan dalam suatu permasalahan atau isu tertentu, dan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi organisasi atau individu yang terlibat dalam masalah tersebut. Definisi ini sangat penting untuk dipahami dalam dunia komunikasi dan sosial, karena pengertian publik sering kali menjadi acuan dalam proses pengambilan keputusan dan strategi komunikasi.

Dengan mengenal lebih dekat apa itu pengertian publik dan definisi menurut para ahli terpercaya, kita dapat memperluas pemahaman kita tentang konsep ini dan meningkatkan kemampuan kita dalam berkomunikasi dengan publik yang berbeda-beda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Publik adalah istilah yang sering kita dengar dan gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, apakah kita sudah benar-benar memahami pengertian publik itu sendiri? Berikut ini akan dijelaskan definisi pengertian publik menurut para ahli terpercaya.

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, publik adalah khalayak ramai atau masyarakat umum yang terdiri dari berbagai lapisan dan golongan sosial. Artinya, publik adalah sekelompok orang yang terdiri dari berbagai kalangan dan memiliki kepentingan yang beragam.

2. Menurut James E. Grunig dan Todd Hunt

Menurut James E. Grunig dan Todd Hunt, publik adalah semua orang yang berhubungan dengan organisasi atau perusahaan. Publik dapat dibagi menjadi publik internal (karyawan) dan publik eksternal (pelanggan, pemasok, masyarakat).

3. Menurut Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, publik adalah semua orang atau kelompok yang mungkin terpengaruh oleh keputusan atau aktivitas organisasi. Publik meliputi konsumen, karyawan, pemasok, investor, media, pemerintah, dan masyarakat umum.

4. Menurut Cutlip, Center dan Broom

Menurut Cutlip, Center dan Broom, publik adalah kelompok yang saling terkait dan memiliki kepentingan yang sama dalam suatu situasi. Publik dapat dibagi menjadi publik internal (karyawan) dan publik eksternal (pelanggan, pemasok, masyarakat).

5. Menurut Scott M. Cutlip dan Allen H. Center

Menurut Scott M. Cutlip dan Allen H. Center, publik adalah kelompok orang yang memiliki kepentingan yang sama atau serupa dalam suatu masalah atau situasi. Publik dapat dibagi menjadi publik internal (karyawan) dan publik eksternal (pelanggan, pemasok, masyarakat).

6. Menurut Grunig dan Hunt

Menurut Grunig dan Hunt, publik adalah kelompok orang yang berhubungan dengan organisasi atau perusahaan. Publik dapat dibagi menjadi publik internal (karyawan) dan publik eksternal (pelanggan, pemasok, masyarakat).

7. Menurut Richard Stanton

Menurut Richard Stanton, publik adalah orang-orang yang memiliki kepentingan dalam suatu masalah atau situasi tertentu. Publik dapat dibagi menjadi publik internal (karyawan) dan publik eksternal (pelanggan, pemasok, masyarakat).

8. Menurut Scott Cutlip

Menurut Scott Cutlip, publik adalah kelompok orang yang memperhatikan atau terpengaruh oleh suatu masalah atau situasi tertentu. Publik dapat dibagi menjadi publik internal (karyawan) dan publik eksternal (pelanggan, pemasok, masyarakat).

9. Menurut Michael Kent dan Bob Macnamara

Menurut Michael Kent dan Bob Macnamara, publik adalah kelompok orang yang memiliki kepentingan dalam suatu masalah atau situasi tertentu. Publik dapat dibagi menjadi publik internal (karyawan) dan publik eksternal (pelanggan, pemasok, masyarakat).

10. Menurut David Phillips dan Philip Young

Menurut David Phillips dan Philip Young, publik adalah kelompok orang yang memiliki kepentingan dalam suatu masalah atau situasi tertentu. Publik dapat dibagi menjadi publik internal (karyawan) dan publik eksternal (pelanggan, pemasok, masyarakat).

Demikianlah beberapa definisi pengertian publik menurut para ahli terpercaya. Dari berbagai definisi tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa publik adalah kelompok orang yang memiliki kepentingan dalam suatu masalah atau situasi tertentu, baik itu publik internal (karyawan) maupun publik eksternal (pelanggan, pemasok, masyarakat umum).

Mengenal Lebih Dekat Pengertian Publik: Definisi dari Ahli-Ahli Terkemuka

Publik adalah salah satu kata yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Namun, apakah kita benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan publik? Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih dekat pengertian publik menurut para ahli terpercaya.

1. Pengertian Publik Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, publik diartikan sebagai masyarakat banyak atau orang banyak yang menjadi perhatian umum. Dalam konteks ini, publik sering dihubungkan dengan hal-hal yang bersifat terbuka dan dapat diakses oleh semua orang.

2. Pengertian Publik Menurut Jürgen Habermas

Jürgen Habermas, seorang filsuf dan sosiolog asal Jerman, memandang publik sebagai ruang diskusi yang terbuka dan demokratis. Dalam pandangannya, publik harus menjadi tempat untuk berdialog dan berdebat secara terbuka, sehingga setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menyampaikan pendapat dan berpartisipasi dalam kehidupan politik.

3. Pengertian Publik Menurut Michael Warner

Michael Warner, seorang profesor sastra asal Amerika Serikat, mengartikan publik sebagai sebuah konsep yang berkaitan dengan pengakuan dan legitimasi. Menurutnya, publik adalah ruang di mana suatu gagasan atau tindakan dapat diakui oleh orang lain sebagai hal yang sah dan bernilai.

4. Pengertian Publik Menurut Noam Chomsky

Noam Chomsky, seorang ahli linguistik dan aktivis politik asal Amerika Serikat, memandang publik sebagai sebuah alat untuk menghasilkan opini publik. Dalam pandangannya, media massa dan propaganda sering digunakan untuk memanipulasi opini publik, sehingga publik menjadi kurang kritis dan sulit untuk membedakan antara informasi yang benar dan yang salah.

5. Pengertian Publik Menurut Jock Young

Jock Young, seorang sosiolog asal Inggris, memandang publik sebagai sebuah fenomena sosial yang berkaitan dengan kontrol sosial. Dalam pandangannya, publik dapat digunakan sebagai alat untuk mengendalikan perilaku individu dalam masyarakat.

6. Pengertian Publik Menurut Brian McNair

Brian McNair, seorang profesor komunikasi asal Inggris, memandang publik sebagai sebuah konsep yang berkaitan dengan arus informasi dan komunikasi dalam masyarakat. Dalam pandangannya, publik adalah ruang di mana informasi dan opini dapat disampaikan dan dibagikan oleh semua orang.

7. Pengertian Publik Menurut John Dewey

John Dewey, seorang filsuf dan pendidik asal Amerika Serikat, memandang publik sebagai sebuah konsep yang berkaitan dengan pendidikan dan demokrasi. Dalam pandangannya, publik harus menjadi tempat di mana individu dapat belajar dan mengembangkan kemampuan untuk berpartisipasi dalam kehidupan politik.

8. Pengertian Publik Menurut Ernesto Laclau dan Chantal Mouffe

Ernesto Laclau dan Chantal Mouffe, pasangan filsuf asal Argentina dan Belgia, memandang publik sebagai sebuah konsep yang berkaitan dengan politik radikal. Dalam pandangan mereka, publik harus menjadi tempat di mana perbedaan dan konflik dapat diakui dan didiskusikan secara terbuka, sehingga masyarakat dapat berkembang secara demokratis.

9. Pengertian Publik Menurut Hannah Arendt

Hannah Arendt, seorang filsuf dan teori politik asal Jerman, memandang publik sebagai sebuah konsep yang berkaitan dengan kebebasan dan keadilan. Dalam pandangannya, publik harus menjadi tempat di mana individu dapat berbicara dan bertindak secara bebas, sehingga dapat mencapai keadilan sosial dan politik.

10. Pengertian Publik Menurut James Carey

James Carey, seorang profesor komunikasi asal Amerika Serikat, memandang publik sebagai sebuah konsep yang berkaitan dengan komunikasi dan identitas. Dalam pandangannya, publik adalah ruang di mana individu dapat membentuk identitas sosial dan politik mereka melalui interaksi dengan yang lain.

Dari pengertian-pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa publik adalah sebuah konsep yang kompleks dan banyak didefinisikan oleh para ahli dari berbagai disiplin ilmu. Meskipun ada perbedaan dalam pandangan mereka, namun pada dasarnya, publik adalah sebuah ruang terbuka di mana individu dapat berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan sosial dan politik.

Publik adalah istilah yang sering kita dengar dalam berbagai konteks. Namun, apakah Anda sudah benar-benar memahami pengertian publik itu sendiri? Berikut ini adalah definisi publik menurut para ahli terpercaya yang harus Anda ketahui.

1. Definisi Publik Menurut John Dewey

John Dewey adalah seorang filsuf dan pendidik asal Amerika Serikat. Menurutnya, publik adalah sebuah kelompok orang yang memiliki kepentingan bersama dan saling bergantung satu sama lain.

2. Definisi Publik Menurut Jürgen Habermas

Jürgen Habermas adalah seorang filsuf dan sosiolog asal Jerman. Menurutnya, publik adalah suatu tempat di mana orang-orang dapat bertemu dan berbicara secara terbuka tentang masalah-masalah yang penting bagi masyarakat.

3. Definisi Publik Menurut Michael Warner

Michael Warner adalah seorang ahli teori komunikasi asal Amerika Serikat. Menurutnya, publik adalah suatu tempat di mana orang-orang dapat berbicara dan bertindak secara bebas tanpa adanya tekanan dari pihak lain.

4. Definisi Publik Menurut Noam Chomsky

Noam Chomsky adalah seorang ahli linguistik dan aktivis politik asal Amerika Serikat. Menurutnya, publik adalah suatu tempat di mana orang-orang dapat berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan yang penting bagi masyarakat.

5. Definisi Publik Menurut James Carey

James Carey adalah seorang ahli teori komunikasi asal Amerika Serikat. Menurutnya, publik adalah suatu tempat di mana orang-orang dapat berbicara dan berinteraksi satu sama lain dengan cara yang terbuka dan demokratis.

6. Definisi Publik Menurut Jurgen Gerhards dan Mike S. Schäfer

Jurgen Gerhards dan Mike S. Schäfer adalah dua ahli sosiologi asal Jerman. Menurut mereka, publik adalah suatu tempat di mana orang-orang dapat memperoleh informasi dan berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan.

7. Definisi Publik Menurut Manuel Castells

Manuel Castells adalah seorang ahli sosiologi asal Spanyol. Menurutnya, publik adalah suatu tempat di mana orang-orang dapat berkomunikasi dan berinteraksi secara online melalui media sosial dan jaringan internet.

8. Definisi Publik Menurut Daniel Dayan dan Elihu Katz

Daniel Dayan dan Elihu Katz adalah dua ahli komunikasi asal Prancis dan Amerika Serikat. Menurut mereka, publik adalah suatu tempat di mana orang-orang dapat memperoleh informasi dan berpartisipasi dalam proses pembuatan keputusan melalui media massa.

9. Definisi Publik Menurut David Held

David Held adalah seorang ahli studi internasional asal Inggris. Menurutnya, publik adalah suatu tempat di mana orang-orang dapat berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan yang penting bagi masyarakat secara global.

10. Definisi Publik Menurut Nancy Fraser

Nancy Fraser adalah seorang ahli teori politik asal Amerika Serikat. Menurutnya, publik adalah suatu tempat di mana orang-orang dapat bertindak dan berbicara secara demokratis tanpa adanya diskriminasi atau ketidakadilan.

Apa Itu Pengertian Publik? Simak Definisi Menurut Para Ahli Terpercaya

Pengertian publik seringkali menjadi topik yang dibahas dalam berbagai konteks, mulai dari politik hingga bisnis. Namun, tak semua orang memahami betul apa yang dimaksud dengan publik. Oleh karena itu, para ahli terpercaya pun memberikan definisi tentang pengertian publik.

Mengenal Lebih Dekat Pengertian Publik: Definisi dari Ahli-Ahli Terkemuka

Berdasarkan definisi para ahli terkemuka, pengertian publik adalah kumpulan individu yang memiliki kepentingan dan masalah yang sama dalam suatu lingkungan sosial tertentu. Publik ini biasanya terdiri dari orang-orang yang tergabung dalam suatu organisasi atau kelompok, maupun individu yang memiliki kepentingan yang sama tanpa adanya ikatan formal.

Selain itu, para ahli juga menyatakan bahwa pengertian publik meliputi segala hal yang berkaitan dengan kepentingan umum, baik itu di dalam negara maupun di luar negara. Kepentingan umum ini dapat berupa kepentingan sosial, politik, atau ekonomi, yang dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat secara keseluruhan.

Pengertian Publik Menurut Para Ahli: Definisi yang Harus Anda Ketahui

Dari berbagai definisi para ahli terpercaya, dapat disimpulkan bahwa pengertian publik sangatlah penting dalam kehidupan sosial masyarakat. Dengan memahami pengertian publik, kita dapat memahami kepentingan dan masalah yang dihadapi oleh masyarakat secara keseluruhan, serta dapat mengambil tindakan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Sebagai seorang pelaku bisnis atau politik, memahami pengertian publik juga dapat membantu kita untuk mengembangkan strategi yang tepat dalam memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk terus belajar dan memperluas pengetahuan tentang pengertian publik dari definisi para ahli terpercaya.

Related video of Pengertian Publik: Definisi Menurut Para Ahli Terpercaya